BAHAYA MENGKONSUMSI KOLANG KALING

by oky , at 12:39 AM


Saat berbuka puasa tak jarang kita mengkonsumsi minuman yang berbahan baku dari kolang-kaling. kolang kaling dihasilkan dari pohon aren. Untuk membuat kolang-kaling, biasanya buah ren dibakar sampai hangus lalu diambil bijinya. Setelah itu, biji direbus selama beberapa jam. Kemudian dilanjutkan direndam dalam larutan air kapur selama berhari-hari. Tujuan perendaman ini agar biji buah aren terfermentasi.

Dilansir dari mediskus.com (11/6/2017) bahwa buah kolang-kaling banyak mengandung fosfor dan kalsium. Selain itu juga mengandung biotin, vitamin A, K, folat, zinc, zat besi, potasium, serta serat. Di lihat dari manfaatnya, biji kolang-kaling ini memiliki beberapa khasiat yang luar biasa, antara lain;

1. Dapat mencegah sembelit,

2. Dapat mengatasi radang sendi,

3. Dapat mencegah osteoporosis,
4. Dapat mempercepat penyembuhan cacar air,
5. Sebagai penguat organ hati  dan yang lainnya.
Itulah beberapa khasiat mengkonsumsi biji kolang-kaling. Meskipun kolang-kaling ini memiliki banyak khasiat tak lantas kita mengkonsumsinya berlebihan. Karena apapun jenis makanan jika dikonsumsi secara berlebihan akan mendatangkan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Dilansir dari vifes.com (11/6/2017) selain memiliki khasiat kolang kaling juga memeiliki efek samping yang bisa ditimbulkan apabila dikonsumsi berlebihan. Berikut ini efek samping mengkonsumsi kolang kaling secara berlebihan:

1. Menyebabkan sering buang air kecil

Kolang-kaling terkenal dengan kandungan airnya. Hampir 90% biji kolang-kaling mengandung air. Hal ini membuat kita sering buang air kecil jika mengkonsumsi kolang kaling ini. Bagi yang sedang berpergian atau menjalankan ibadah puasa disarankan hindari mengkonsumsi kolang kaling ini, ataupun mengurangi jumlah makan biji kolang-kaling ini agar terhindar dari sering buang air kecil.

2. Tidak baik untuk kita yang ingin gemuk

Biji kolang kaling sangat baik untuk program diet. Jadi bagi kita yang ingin menggemukan badan mengkonsumsi kolang kaling akan merusak program penggemukn badan. Karena kandungan serat dan kadar air yang tinggi menyebabkan kita merasa lebih kenyang.

3. Sangat berbahaya jika kolang-kaling berformalin

Kadang kala ada oknum pedagang yng nakal demi mendapatkan keuntungan mereka mencmpurkan formalin pada biji kolang kaling. Tapi tidak perlu khawatir karena mudah kok membedakan kolang kaling berformalin atau tidak. Caranya apabila kolang kaling selalu terlihat segar dan tidk dikerumuni serangga maka kolang-kaling tersebut berformalain. Apalagi jika sudah 2 hari atau lebih rasa kolang kaling tidak berubah bisa dipastikan kolang-kaling tersebut berformalin.

Dampak mengkonsumsi makanan berformalin biasanya akan terlihat dalam jangka lama. Penyakit yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi makanan berformalin antara lain; kerusakan otak, hati, ginjal dan jantung. Dalam jangka pendek mengkonsumsi mkanan berformalin akan menyebabkan pusing, mual dan muntah serta nyeri di ulu hati.

4. Memperbesar resiko pembentukan batu ginjal

Selain kandungan air yangbanyak, kolang kaling juga terkenal akan kandungan kalsiumnya. Jika dibandingkan dengan susu kandungan kalsium kolang kaling hampir sama. Jika kalsium dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Nah itulah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkn dari mengkonsumsi kolang kaling berlebihan. Seyogyanya dalam mengkonsumsi kolang kalin sekitar 20-25 biji perhari. Dan hindari pula kolang kaling yang berformalin. Perlu dingat, dibalik khasiat dan manfaat dari makanan yang kita konsumsi, pasti ada efek samping dan bahaya yang ditimbulkan jika dikonsumsi berlebihan.
Comment disabled
Copyright ©2015 PrsTiNta
Theme designed by Damzaky Powered by Blogger