JULIA PEREZ MENINGGAL : BEGINI CARA PENULARAN VIRUS HPV YANG MENYEBABKAN KANKER SERVIKS

by oky , at 12:18 AM


Ilustrasi (Foto: Medifee)
ARTIS Julia Perez tutup usia setelah berjuang sembuh dari kanker serviks. Salah satu penyebab utama kanker serviks adalah virus HPV. Seperti apa penularannya?
dr Fara Vitrianti, SpOG(K)Onk, dari Siloam Hospital Simatupang Jakarta mengatakan, jumlah penderita kanker serviks saat ini semakin meningkat. Padahal penyakit ini mudah dicegah dengan vaksinasi.
"Kanker serviks bisa dicegah, tetapi masyarakat banyak yang belum tahu dan sadar. Oleh sebab itu butuh edukasi terus-menerus untuk melakukan vaksinasi, memlihara gaya hidup sehat, dan melakukan deteksi dini," kata dr Fara dalam seminarnya di Siloam Hospital Simatupang Jakarta, beberapa waktu lalu.
Dia menjelaskan, penyebab kanker serviks 99 persen karena virus HPV. Ada lebih dari 100 jenis virus mematikan itu yang mengancam nyawa karena kanker.
"Ada dua risiko tinggi dan rendah dari virus HPV. Risiko tingginya menyebabkan kanker serviks. Kalau risiko rendahnya menyebabkan kutil kelamin atau jengger ayam," terang dr Farah.
Virus HPV tak cuma menginfeksi kaum hawa. Laki-laki pun dapat mengalaminya apalagi dalam kontak seksual.
"Cara penularan paling banyak hubungan seksual. Yang non hubungan seksual, karena alat-alat kesehatan yang tidak higienis di rumah sakit," tambahnya.
Sementara itu, berdasarkan data Globocan 2008, ada sekira 530.000 pengidap kanker serviks setiap tahun di Indonesia. Setengahnya pasien bisa meninggal dunia.
Sekira 85 persen dari kasus terjadinya kanker serviks pasti di negara berkembang. Di antara negara Asia Tenggara lainnya, kasus kanker serviks paling banyak di indonesia.
Comment disabled
Copyright ©2015 PrsTiNta
Theme designed by Damzaky Powered by Blogger