CARA MENGHADAPI MASALAH YANG SULIT DI ATASI



Apa saja Cara-cara Menghadapi Masalah? Sebagaimana kita ketahui, bahwa kita hidup itu pasti punya masalah. Masalahnya terkadang tidak semua orang mampu mengatasi masalah tersebut. Sehingga jika ada masalah terkadang mereka bisa lari dalam hal-hal negatif. Mereka lari ke berbagai hal yang malah justru merusak hidup mereka. Seperti lari ke narkoba, mabuk-mabukan dan lain-lain.

Ada yang mengatakan kalau besar kecilnya masalah itu tergantung dari orang yang menyikapinya. Ya, itu memang benar, namun kita juga harus tahu bahwa setiap manusia itu juga di uji dengan kadar yang berbeda-beda. Artinya ada yang masalahnya lebih berat dan ada juga yang masalahnya hanya kecil. Bila masalah kita berat maka boleh jadi kita dinilai lebih kuat oleh Tuhan.

Ada Beberapa Tips Cara Menghadapi Masalah
Sebuah masalah…seperti apapun tanggapan anda terhadapnya, anda harus menghadapinya! Bagaimana cara-cara menghadapi masalah? Nah, jika saat ini anda sedang memiliki masalah, maka simaklah cara-cara berikut :

1.Tenangkan Pikiran anda
Hal pertama yang mesti dilakukan adalah tenangkanlah pikiran. Jangan panik dan emosional ketika menghadapi masalah. Masalah kadang malah membuat anda tidak bisa berpikir jernih. Tetaplah bersikap tenang dan pikirkan solusi untuk masalah anda tersebut. Pikiran yang emosi dan kemarahan justru akan membuat pikiran anda tidak tenang dan biasanya malah akan memperburuk keadaan.

Pikiran yang tenang akan membuat anda lebih nyaman dan tidak bertindak tergesa-gesa. Karena bertindak tergesa-gesa sangat tidak dianjurkan, karena perbuatan yang tergesa-gesa biasanya tanpa menggunakan pemikiran yang matang dan malah akan membuat masalah baru.

2.Cobalah untuk Berpikir Positif
Apabila pikiran anda sudah tenang, maka langkah selanjutnya adalah berpikir positif. Cobalah untuk berpikir positif dan optimis bahwa masalah yang sedang di hadapi akan bisa anda selesaikan dengan segera. Ingatlah bahwa tidak ada masalah tanpa sebuah solusi. Sebuah masalah diciptakan oleh Allah pasti lengkap dengan solusinya. Bukankah apa yang ada didunia ini diciptakan oleh Allah secara berpasangan. Apa pasangan dari masalah, tentunya adalah jalan keluar. Setiap kesulitan pasti ada kemudahan.
Masalah itu memiliki makna yang berbeda di mata Allah untuk setiap manusia. Masalah orang yang satu tentu berbeda maknanya dengan masalah yang lainnya. Ketika anda berpikir positif anda dapat dengan mudah menerima sebuah masalah sebagai cobaan atau salah satu cara agar anda lebih dewasa. Dengan berpikir positif juga dapat membuat anda mampu berpikir kreatif untuk mencari solusi.

3.Gunakan Cara Berpikir Kreatif untuk Menemukan Solusi
Tentunya bila ada masalah, maka harus segera diselesaikan jalan keluarnya. Hanya saja terkadang sebuah jalan keluar memang perlu dipikirkan. Karena masalah terkadang tidak akan selesai dengan sendirinya. Itu mengapa Allah menciptakan manusia lengkap dengan otak untuk berpikir. Maka, pikirkanlah jalan keluarnya. Gunakan cara berpikir kreatif untuk menemukan solusi.

Putarlah otak anda sebaik mungkin dengan mencari jalan keluar dari masalah tersebut. Keluarkan ide-ide yang selama ini ada dibenak anda yang mungkin dapat membantu keluar dari masalah tersebut.

Jika anda merasa bingung tidak memiliki solusi apapun, itu mungkin karena anda kurang kreatif menemukan solusi. Ada banyak solusi, dan tidak semua kita ketahui, Disinilah pentingnya memiliki keterampilan berpikir kreatif, agar Anda siap menghadapi masalah. Berpikir kreatif adalah cara menghadapi masalah terbaik dan menyelesaikannya.

4.Mintalah Pertolongan Allah
Masalah ada karena kita sendiri yang menciptakan dan Allah yang menyetujuinya. Allah menyetujuinya dan kemudian menciptakan juga sebuah solusi yang tepat dan terbaik buat kita. Dia yang paling tahu apapun yang terbaik, termasuk bagaimana solusinya. Terkadang, kita merasa masalah itu seperti tidak ada jalan keluar sama sekali. Padahal, itu kan tidak mungkin.

Mana mungkin ada masalah yang tidak punya penyelesaian. Nah, Hal inilah yang tidak boleh anda lewatkan sama sekali. Maka mintalah pertolongan Allah. Cobalah untuk mendekatkan diri anda dengan Allah.

Mendekatkan diri kepada Allah juga dapat membantu berpikir tenang dan berpikir positif setiap anda tertimpa masalah. Ingat, ini bukanlah pelengkap untuk Cara-cara Menghadapi Masalah, namun ini adalah hal utama yang harus kita lakukan. Akan lebih baik jika kita terus menerus mendekatkan diri pada Allah sehingga tidak hanya membantu menghadapi masalah juga diharapkan dapat membantu menghindarinya dan mencegah untuk tidak muncul lagi. Seharusnya hanya kepada Allah lah kita berserah.

5.Jangan Putus Asa Menghadapi masalah
Jangan pernah berputus asa menghadapi masalah. Berputus asa menghadapi masalah berarti anda telah gagal menghadapi ujian. Sering kali, masalah itu membutuhkan waktu untuk diselesaikan, bahkan bisa bertahun-tahun. Ini akan menjadi tantangan emosional yang mengarahkan kita untuk mencari solusi instan karena ketidaksabaran dan kemalasan kita. Padahal, jika kita berpikir jernih, masalah tersebut memang membutuhkan waktu.

Cara menghadapi masalah bisa disimpulkan sebagai berikut.

1. Tenangkan Pikiran
Ini penting untuk menghindari kemungkinan lain yang lebih buruk dan untuk mengurangi stres.
2. Berpikir Positif
Pikiran positif dan optimis akan menarik lebih banyak hal positif yang akan terjadi.
3. Berpikir Kreatif
Untuk menyelesaikan masalah tersebut diperlukan sikap kreatif. Karena sikap kreatif bisa membuat kita lebih berpikir keras dan bisa menemukan jalan keluar dari masalah.
4. Meminta Pertolongan Allah
Dekatkan diri anda kepada Allah, sehingga tidak hanya membantu menghadapi masalah juga diharapkan dapat membantu menghindarinya dan mencegah untuk tidak muncul lagi.
5. Jangan Berputus asa
Jangan berputus asa, karena putus asa itu menandakan anda berpaling dari Rahmat Allah. Percayalah bahwa Allah akan selalu menolong kita.

Itulah Cara-cara Menghadapi Masalah, semoga saja bermanfaat bagi anda, terutama yang lagi terkena masalah, saya doakan juga semoga cepat teratasi. Mohon maaf jika ada kekurangan dan terimakasih sudah membaca artikel cara menghadapi masalah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel