CARA MENIGKATKAN KECERDASAN PADA ANAK

Memiliki anak yang cerdas tentunya harapan dari setiap orang tua. Namun tahukah Kamu bahwa kecerdasan anak bisa dirangsang sejak dini.
Menurut para ahli, perkembangan anak pada tahun-tahun pertama merupakan momentum yang penting untuk mulai belajar. Kamu bisa memberikan stimulus kepada bayi dengan cara-cara yang seru dan ilmiah.
Apa saja cara yang bisa Kamu lakukan untuk memberikan stimulus kepada anak agar tumbuh cerdas? Berikut ulasannya.

1. Kontak Mata
Kontak mata salah satu cara paling mudah untuk membangun daya ingat anak. Sempatkan waktu meski hanya sesaat untuk melakukan kontak mata dengan bayi. Tataplah matanya dalam-dalam, hal itu akan membuat bayi mengingat wajah Kamu yang kerap melakukan kontak mata dengannya.
2. Biarkan Bayi Menatap Cermin
Cara ini akan membuat bayi Kamu berpikir bahwa dirinya sedang melihat sosok bayi lain yang sebetulnya adalah pantulan dirinya sendiri di cermin. Bayi biasanya akan menyukai hal ini dan kerap melakukan interaksi-interaksi melalui gerakan tangan atau tubuhnya.
3. Julurkan Lidah
Meski terdengar sedikit konyol, namun banyak studi menunjukkan bahwa sejak berumur dua hari sekali pun, bayi dapat menirukan ekspresi wajah yang sederhana. Ini merupakan tanda awal ia mampu menjawab tantangan dan menyelesaikan suatu masalah.
4. Ajak Berbincang
Meski bayi belum bisa untuk diajak berbincang-bincang, tapi hal itu perlu dilakukan untuk merangsang daya tangkap sang bayi lewat perbincangan yang Kamu utarakan.
Berikan sesekali jeda untuk memberi si bayi kesempatan merespon perbincangan mu. Lama kelamaan si bayi akan berusaha merespon dengan cara mengeluarkan ocehan-ocehan.
5. Kenalkan Perbedaan
Masih ingat dengan permainan dimasa kecil kita yang emmbutuhkan kejelian dan ketelitian? Permainan menemukan perbedaan dalam dua buah gambar yang serupa tapi tidak sama.
Berikanlah gabar serupa tapi tak sama kepada bayi, biarkan ia mengenali gambar tersebut hingga menemukan perbedaannya. Kegiatan ini sangat berfungsi untuk langkah awal ia belajar mengenal huruf dan membaca.
6. Gelitiki Bayi
Sesekali Kamu harus melakukan itu, untuk membangkitkan rasa humornya. Ajak bermain dan selingi dengan gelitikan, cara ini akan mengajarkan bayi untuk mengantisipasi terhadap sesuatu.
7. Putarkan Musik
Sepertinya bukan rahasia lagi bahwa musik mampu merangsang kecerdasan berhitung atau matematika si bayi. Maka sering-seringlang memutarkan musik atau nyanyikan lagu untuknya.
8. Ajarkan Sebab Akibat
Ajarkan hubungan sebab akibat yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari-hari Kamu. Contohnya sederhananya adalah ketika akan menyalakan televisi, cobalah untuk memberitahu sang bayi bahwa Kamu akan menyalakan tv.
9. Matikan TV
Jangan terlalu mengandalkan acara-acara tv untuk menstimulasi bayi, sesekali lakukan interaksi langsung.
10. Berikan ASI
ASI sangat penting untuk dikonsumsi bayi, kandungan yang ada didalamnya mampu membuat anak memiliki IQ tinggi. Tak hanya itu, saat menyusui merupakan waktu yang tepat untuk membangun bonding dengan bayi Anda, apalagi jika Anda melakukannya sambil menyanyikan lagu, mengajak ia bercakap-cakap, atau sekadar membelai rambutnya dengan lembut.
11. Berikan Waktu Istirahat
Tentu saja istirahat sangat penting untuk merelaksasi tubuh si bayi. Luangkan waktu beberapa menit per hari hanya untuk membiarkan bayi Kamu di lantai tanpa melakukan apa-apa, tanpa musik dan mainan. Biarkan saja ia bereksplorasi sendiri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel