10 FAKTOR PENTING YANG BISA MERUSAK OTAK



1. Tidak Sarapan

Sarapan seringkali dianggap sepele, padahal sarapan itu sangat penting untuk otak. Orang yang tidak sarapan cenderung memiik kadar gula yang rendah dan kehilangan energi. Selain itu, tanpa sarapan bisa menjadi penyebab kerusakan otak karena berkurangnya pasokan kalori dari tubuh ke otak.

2. Kekenyangan

Kebalikan dari sarapan, terlalu kenyang juga berdampak buruk pada seseorang. Kekenyangan dapat menyebabkan beratnya arteri otak sehingga menyebabkan penurunan kemampuan mental otak.

3. Merokok

Selain dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, gangguan kehamilan, merokok juga merusak otak. Asap rokok dan tembakau dapat menimbulkan kerusakan parah pada batang otak yang dapat menimbulkann penyakit kanker otak dan Azheimer. Alzheimer adalah penyakit yang dapat membuat seseorang kehilangan memorinya, pikirannya dan seluruh kinerja otaknya.

4. Kebanyakan Mengonsumsi Gula

Selain kekurangan kadar gula, kelebihan kadar gula pun dapat merusak otak. Kelebihan kadar gula dapat mengganggu penyerapan protein dan gizi yang dapat menyebabkan gizi buruk dan merusak perkembangan otak.

5. Jarang Berbicara

Ternyata jarang berbicara juga dapat merusak otak, alasannya karena seseorang akan jarang berpikir jika ia jarang berbicara. Pembicaraan yang intelektual dapat meningkatkan kemampuan otak. asal jangan jadi orang cerewet aja.

6. Menguras Otak Saat Sedang Sakit

Saat sakit, seseorang dianjurkan untuk istirahat selama mungkin. Memaksa untuk berpikir ketika sakit hanya akan menyebabkan seseorang merasa sakit kepala. Hal ini akan berdamoak pada kemampuan otak hingga menurunkan kemampuan otak. Oleh karena itu, jangan pernah belajar keras atau bekerja keras saat sedang sakit, istirahatlah.

7. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan banyak sel otak mengalami kematian. Terlalu sering begadang, tidur kurang dari 8 jam. Tidur seperti inilah yang mencegah kerusakan sel otak.

8. Polusi Udara

Otak adalah pengkonsumsi oksigen terbesar dalam tubuh kita. Otak mengonsumsi 60-80% udara dalam tubuh. Menghirup udara kotor atau polusi udara dapat merusak otak.

9. Kurang Berpikir

Hampir mirip dengan kurang berbicara, kurang berfikir juga tidak baik untuk kesehatab otak. Kurang berfikir menyebabkan otak jarang bekerja sehingga efisiensi-nya menurun.

10. Menutup Kepala Dengan Bantal Saat Tidur

Ada sebagian orang yang ketika tidur menutup kepalanya dengan bantal, ntah alasan takut atau karena merasa lebih nyaman. Hal ini sebenarnya sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan konsentrasi Karbondioksida ke otak dan mengurangi kadar oksigen-nya

SEMOGA BERMANFAAT.. CAYOOO

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel