DETEKSI,PENYEBAB,DAN CARA MENCEGAH KANKER SERVIKS



Kanker Serviks menjadi salah satu penyakit berbahaya. Tidak sedikit dari penderita kanker yang akhirnya meninggal. Kendati demikian, ada juga yang sanggup melawan dan selamat.
Penyakit ini kerap menyerang wanita dan kanker paling ganas di Indonesia. Kanker ini pun mudah dikenali dengan kasat mata. Pasalnya, kanker serviks berbeda dengan jenis kanker lain yang sulit dikenali secara kasat mata.
Ketua Himpunan Ongkologi Ginekologi Indonesia Prof Dr dr Andrijono Sp OG(K) mengatakan penderita kanker serviks bisa dikenali dengan bau pada bagian areanya. Sebab bau tersebut yang membuat sang penderita sedang medalami perawatan untuk kanker serviks.
"Kalau orang yang sudah terkena kanker serviks mudah dikenal dengan aroma pada bagian intimnya atau terletak pada bagian vagina. Soalnya aroma itu sangat menyengat dan itu membuat orang mengenal bahwa dia sedang menjalani perawatan kanker serviks," kata Andrijono di Jakarta.
Sayang, sekira 73,50% pasien kanker serviks yang berobat sudah memasuki stadium lanjut. Jika sudah berada di stadium lanjut, pasien kanker serviks sudah tidak bisa di operasi.
"Susah kalau sudah stadium empat ya, pengobatannya hanya disinar atau kemoterapi aja dan pasien juga jangan menyerah karena tingkat keinginan hidup yang lebih tinggi membuatnya bisa bertahan dengan lama," beber dia.


Penyebab :

* Infeksi Virus Human Papilloma (HPV)

Penyebab terbesar kanker leher rahim atau disebut kanker servik adalah infeksi HPV yang menular lewat hubungan seksual. Seorang wanita bisa terinfeksi virus ini pada usia belasan tahun dan baru diketahui mengidap kanker 20 atau 30 tahun kemudian setelah infeksi kanker menyebar.

* Hubungan Seksual Sebelum Berusia 20 Tahun

Pada umr 12-20 tahun, organ reproduksi wanita sedang aktif berkembang. Idealnya, ketika sel sedang membelah secara aktif, tidak terjadi kontak atau rangsangan apa pun dari luar. Kontak atau rangsangan dari luar, seperti penis atau sperma, dapat memicu perubahan sifat sel menjadi tidak normal. Sel yang tidak normal ini kemungkinan besar bertambah banyak kalau ada luka saat terjadi hubungan seksual. Sel abnormal inilah yang berpotensi tinggi menyebabkan kanker mulut rahim.

* Nikotin

Sel-sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memiliki kecenderungan mempengaruhi selaput lendir pada tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim yang dapat memicu abnormalitas sel pada mulut rahim. Resiko kanker mulut rahim lebih tinggi pada wanita perokok.

* Terlalu Sering Menggunakan Pembersih Vagina

Tidak semua bakteri merugikan. Ada juga bakteri dalam vagina yang berfungsi membunuh bakteri yang merugikan tubuh. Jika terlalu sering menggunakan sabun pembersih vagina, bakteri baik pun akan mati. Selain itu sabun vagina juga dapat menyebabkan iritasi. Kulit pada mulut rahim sangat tipis sehingga iritasi yang timbul dapat memicu abnormalitas sel. Kondisi ini rentan memicu kanker mulut rahim.

Cara Mencegah Kanker Servik

Kanker servik jenis penyakit kanker yang hanya bisa dialami oleh wanita saja, karena penyakit kanker servik akan menyerang bagian mulut rahim atau pun leher rahim sehingga penyakit tersebut bisa dialami. penyakit kanker servik bukan penyakit yang ringan, karena penyakit kanker servik cukup banyak dialami dan telah memakan banyak korban juga, sehingga penyakit kanker servik merupakan penyakit yang perlu di waspadai. Penyakit kanker servik adalah penyakit yang akan menyebabkan penderitanya akan mengalami gangguan kesehatan pada vagina karena di sebabkan oleh mulut rahim yang terdapat sel kanker.

Perubahan sel di dalam mulut rahim atau vagina menjadi tidak normal yang bisa menyebabkan penyakit kanker servik. Karena di sebabkan oleh tubuh yang terinfeksi oleh virus yang akan menyebabkan penyakit kanker servik bisa dialami. wanita yang telah melakukan hubungan seksual lebih berpotensi untuk menderita penyakit kanker servik di bandingkan oleh wanita yang belum pernah melakukannya. Oleh karena itu, wanita dewasa yang paling banyak menderita penyakit kanker servik.

Penyakit kanker servik lebih banyak dialami oleh wanita dewasa terutama yang melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan karena penyakit kanker servik bisa terjadi karena di sebabkan oleh sering berganti pasangan pada saat melakukan hubungan seksual. Karena di sebabkan oleh virus hpv lah yang mengakibatkan mulut rahim akan terinfeksi sehingga keadaan tersebut yang akan menyebabkan penyakit kanker servik bisa di miliki. Karena virus yang akan menyebabkan infeksi di dalam vagina bisa menyebabkan kanker servik. Virus hpv akan menyebabkan penderitanya akan mengalami masalah pada fungsi dari rahim apabila kondisinya sudah semakin para. Yang bisa menderita penyakit kanker servik bukan hanya wanita yang melakukan hubungan seksual tidak sehat saja, tetapi juga yang menderita penyakit hiv. Karena menderita penyakit hiv aids bisa menyebabkan penderitanya akan mengalami masalah imun tubuh yang sangat lemah, oleh karena itu infeksi virus hpv bisa lebih mudah dan cepat. penggunaan pil kb juga bias menyebabkan kanker servik.

Kanker servik bisa terjadi juga oleh wanita yang merokok, wanita yang menjadi perokok aktif atau pun pasiv bisa menderita penyakit kanker servik akibat dari kandungan yang di miliki oleh rokok bisa memicu sel kanker di dalam mulut rahim. Karena melahirkaan di usia yang masih sangat muda, di bawah 17 tahun bisa menyebabkan kanker servik karena baiknya hamil dan melahirkan pada usia 25 tahun di usia seperti itu sudah sangat normal dan ideal. Lebih hati hati lagi untuk menjaga kesehatan tubuh apabila memiliki faktor genetik menderita penyakit kanker servik. Karena kanker servik bisa menimbulkan gangguan kesehatan rahim ataupun mulut rahim yang akan muncul di saat stadium lanjut kanker servik, karena di tahap awal umumnya gejala dari kanker servik tidak ada.

Penyakit kanker servik bisa menyebabkan penderitanya akan mengalami masalah pada mulut rahim yang akan di tandai dengan pendarahan. Pendarahan bisa terjadi di saat setelah melakukan hubungan seksual, bukan di saat menstruasi, dan juga sudah masa menopause. Karena itu gejala kanker servik akan dialami secara perlahan lahan oleh tubuh. wanita yang memiliki sel kanker di dalam mulut rahimnya pada saat melakukan hubungan seksual juga akan merasakan nyeri atau sakit karena di sebabkan oleh bagian dalam vagina yang terinfeksi. Keputihan yang tidak normal, yang bisa menyebabkan vagina gatal dan juga bau akan terjadi juga apabila menderita penyakit kanker servik.

Penyakit kanker servik sebaiknya diatasi agar tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan yang parah pada tubuh. cara mengatasi penyakit kanker servik sebaiknya melakukan tes pap smear terlebih dahulu agar bisa secara pasti mengetahui kondisi sel kanker di dalam tubuh yang sebenarnya. Obat penyakit kanker bisa di gunakan untuk membunuh sel kanker di dalam rahim, atau di mulut rahim. Dan untuk wanita yang masih muda maka sebaiknya melakukan cara mencegah kanker servik untuk menghindari penyakit berbaya tersebut.

Cara mencegah kanker servik seperti di bawah ini :

● Gaya hidup sehat,
 cara mencegah kanker servik di mulai dengan gaya hidup sehat, karena dengan gaya hidup yang sehat maka organ tubuh akan kuat dan imun tubuh pun juga sama. Hindari makanan yang tidak sehat, stress, dan juga rokok juga ingin terhindar dari penyakit kanker servik atau kanker mulut rahim.

● Vaksin hpv,
virus hpv bisa menyebabkan penyakit kanker servik jika menginfeksi karena masuk melalui vagina, maka dari itu cara mencegah kanker servik yaitu dengan melakukan suntik vaksin hpv agar tidak terinfeksi oleh virus tersebut.

● Tidak seks bebas
seks bebas dengan ganti ganti pasangan bisa meningkatkan penyakit kanker servik, maka dari cara mencegah kanker servik yaitu dengan tidak melakukan seks bebas.
● Pemeriksaan pap smear
cara mencegah kanker servik yang paling penting yaitu dengan melakukan tes pap smear yang merupakan tes untuk mengetahui sel di dalam rahim yang tidak normal sehingga jika ada perubahan bisa langsung diketahui.

Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel