KEBIASAAN BURUK YANG BISA MEMBUAT SMARTPHONE ANDROID CEPAT RUSAK


Kadang ada kegiatan berulang alias kebiasaan yang tidak kamu sadari bisa merusak atau menurunkan kinerja dari ponsel android milikmu. Tentu kamu tidak inginkan hp android kesayanganmu cepat rusak hanya karena kebiasaan yang tidak kamu ketahui bisa merusak smartphone android.


berikut ini kebiasaan yang bisa membuat hp android cepet rusak :

1. Men-charge Baterai Semalaman

Pergi tidur dengan meninggalkan ponsel android kamu dalam keadaaan sedang diisi baterai mungkin sudah menjadi kebiasaan kamu sehari-hari karena kamu beranggapan bahwa hal tersebut efisien untuk pagi harinya mendapati ponselmu sudah terisi baterai dengan daya penuh. Namun itu adalah salah satu kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan hp android cepat rusak. Karakter baterai dari litium tidak akan cocok dengan kegiatan ini dana kan menyebabkan kebocoran pada baterai dan bahkan bisa menurunkan kinerja smartphone hingga daya baterai akan cepat habis dan selalu minta dicharge.

2. Menggunakan Charger Abal-abal

Jika charger asli dari pabrikan rusak atau hilang, belilah charger resmi yang sama dengan merk hp androidmu. Jangan sekali-kali menggunakan charger abal-abal alias palsu hanya karena tergoda akan harganya yang lebih murah dibandingkan charger asli. Charger original memang berfungsi saat digunakan untuk mengisi daya baterai pada ponsel androidmu. Namun, tegangan atau voltase yang dimiliki tiap smartphone android bisa berbeda-beda. Jika kamu tetep kekeh menggunakan charger abal-abal, maka ponsel androidmu lama-lama akan rusak bahkan meledak. Iya meledak, nggak percaya? Tentunya kamu pernah mendengar berita tentang meledaknya ponsel android gara-gara memakai chargel tidak asli saat mengisi daya baterai. Untuk itu, demi keselamatan diri sendiri juga ponselmu, lebih baik kamu menggunakan charger resmi dari merk ponsel androidmu. Selain menggunakan charger yang tidak asli, penggunaan power bank secara rutin juga tidak disarankan, karena tegangan yang dimiliki oleh ponselmu sering tidak sesuai dengan power bank milikmu.

3. Mengoperasikan Ponsel saat Dicharge

Membiarkan music tetap menyala, melakukan panggilan, atau tetap bermain game saat ponsel android sedang diisi ulang adalah hal buruk lain yang bisa menyebabkan smartphone cepat rusak. Saat kamu mengoperasikan smartphone saat sedang dicharge, suhu ponsel akan meningkat naik. Jika kamu tetap mempertahankan kebiasaan ini maka lama kelamaan bukan hanya baterai ponselmu saja yang rusak namun perangkat smartphone kamu juga akan rusak.

4. Tidak Pernah Dimatikan

Ada baiknya kamu mengistirahatkan smartphone milikmu alias mematikannya saat tidak digunakan. Hal ini bisa membuat ketahanan daya bateraimu tetap terjaga. Ponsel android yang tidak pernah dimatikan sama seja dengan seseorang yang tidak beristirahat, hal ini akan menurunkan kinerja dari ponsel itu sendiri.

5. Bluetooth, WiFi & GPS yang selalu dinyalakan

Menyalakan ketiga fitur di atas menyebabkan ponsel akan selalu mencari jaringan yang tersedia. Ini akan membuat hp android bekerja bahkan saat anda tidak sedang menggunakannya. Ini pula yang bisa membuat batu smartphone boros dan membuat hp jadi lemot Dan juga, pengaktifan fitur GPS menjadi salah satu dari menyebabkan kuota boros Untuk itu, sebaiknya kamu hanya menyalakan ketiga fitur tadi pada saat benar-benar memerlukannya saja.

6. Menggunakan Ponsel Android di Suhu Ekstrim

Saat kamu berada di bawah sinar matahari langsung, jangan hanya cemaskan kulitmu yang akan menjadi kusam. Tapi cemaskan pula hp android milikmu. Jangan biarkan smartphonemu terpapar sinar matahari secara langsung karena akan menyebabkan peningkatan suhu pada ponsel android. Gunakanlah ponsel android pada suhu ruangan antara 16°C – 30°C. Jikalau sudah dalam ruanganpun, jika ponsel androidmu panas karena terlalu lama digunakan untuk bermain game atau mengerjakan sesuatu yang bisa membuat ponselmu cepat panas, segera hentikan aktifitas tersebut sampai suhu smartphone android menurun dan bisa kamu gunakan kembali. (jangan pernah memasukkan hp android ke dalam freezer untuk menurunkan suhu ponselmu)

7. Membiarkan Ponsel Android Mati Kehabisan Daya

Ini mungkin juga kebiasaan yang sering kamu lakukan, menghabiskan daya baterai sampai ponsel android kehabisan daya lalu mati sendiri. Baterai yang digunakan oleh semua ponsel android adalah berbahan litium, berbeda dengan nikel. Dengan bahan litium, tidak disarankan untuk menunggu daya baterai benar-benar habis baru mengisinya. Untuk itulah selalu ada peringatan saat baterai android segera diisi ulang ketika daya baterai telah mencapai 15% dan 5%. Dan sebaiknya kamu segera mencharge ponsel androidmu apabila daya baterai telah mencapai 20%.

8. Menaruh Smartphone di Dekat Perangkat Elektronik

PC, TV, Kulkas, Sound System dan benda elektronik lainnya yang mempunyai tegangan tinggi, sebaiknya kamu jauhkan ponsel androidmu dari benda-benda tersebut karena akan benda elektronik tersebut bisa berdampak merusak hp android secara menyeluruh. Yang sering terjadi kerusakan adalah pada bagian layar smartphone.

9. Jangan memakai pelindung yang terlalu rapat

Untuk menghindari benturan maupun mempercantik tampilan ponsel android, kamu biasanya menggunakan flip cover atau case hp yang menarik. Namun perlu kamu perhatikan bahwa flip cover atau case hp yang terlalu rapat bisa membuat ponsel android cepat panas dan memperlambat kinerjanya. Terutama case hp yang dari silicon, karna bahan tersebut tidak akan menyerap panas dan sirkulasi panas jadi terganggu.

10. Jarang Membersihkan Ponsel Android

Kebiasaan terakhir yang bisa menyebabkan ponsel android milikmu cepat rusak adalah jarang membersihkan ponsel tersebut. Dalam sehari-hari, smartphone milikmu pasti jarang lepas dari genggaman. Tentunya hal tersebut akan membuat smartphone jadi kotor. Debu dan kotoran kecil berukuran nano bisa saja masuk dan mengotori bagian dalam ponsel hingga menyebabkan kinerja ponsel terganggu. So, jangan lupa untuk membersihkan ponsel androidmu secara rutin.

Itulah tadi 10 kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan terhadap ponsel android milikmu yang beresiko mengurangi kinerja serta dapat merusak perangkat smartphone. Untuk itu, sebisa mungkin hindarilah 10 kebiasaan merusak android tersebut. Selain menghindari kebiasaan tersebut, kamu perlu juga tau bagaimana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel