MAKANAM YANG COCOK UNTUK PUASA

Sebelum melaksanakan ibadah puasa, alangkah baiknya kita tidak makan berlebihan atau terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut karena usus susah mengolah zat dan sisa makanan didalam perut . Alangkah baiknya jika makan sahur dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan untuk bekal nahan puasa.

Dikutip dari laman smallcrab.com. Sneha Jain seorang ahli gizi dan nutrisi asal India ini mengungkapkan lima jenis makanan yang dapat membuat perut kenyang, tanpa membuat Anda gemuk. Apalagi kamu yang doyan makan tanpa peduli dengan bentuk tubuhmu, makanan ini wajib kamu makan ketika sahur maupun saat buka puasa.



Sangat pas jika menu makan sahur Anda dilengkapi dengan nutrisi & gizi yang cukup untuk menahan waktu berbuka puasa yang lumayan lama. Berikut adalah "5 Makanan Bergizi Yang Wajib ada Ketika Sahur", rugi rasanya jika anda tidak menyediakan makanan berikut ketika sahur. (Sumber: smallcrab.com)



1. Ikan

Ikan berlemak jenuh seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden mengandung asam Omega3 dan Omega6 yang sangat tinggi dan bergizi, apalagi buat anak yang masih belajar puasa, makanan ini sangat disarankan untuk menu sahur Anda bersama keluarga. Bukan hanya mengenyangkan buat perut tetapi juga menurunkan tingkat kolesterol dalam darah serta melancarkan proses metabolisme tubuh.

Asam Omega3 dan Omega6 mengubah tingkat leptin - hormon yang secara langsung mempengaruhi metabolisme didalam tubuh dan menentukan bahwa kalori yang ada dibakar atau disimpan sebagai lemak. Sebaiknya olah ikan dengan dipanggang atau dikukus dan konsumsi bersama makanan lainnya seperti sayuran.



2. Sayuran hijau

Sayuran adalah makanan pelengkap pada menu makanan anda , seperti bayam, kangkun, brokoli, dan lain lain, memiliki efek panas tinggi pada tubuh dan memiliki kepadatan kalori yang rendah. Ini berarti tidak mungkin disimpan sebagai cadangan lemak karena sebagian besar kalori yang dibakar masuk dalam proses pencernaan didalam tubuh, sehingga menghambat terjadinya lapar. Serat pada sayuran ini juga mengandung antioksidan, vitamin dan mineral yang sangat membantu Anda.


3. Produk susu rendah lemak

Susu krimer, keju rendah lemak dan yogurt adalah sumber terbaik kalsium untuk anda ketika sahur, bukan hanya sebagai pelengkap, tetapi juga susu sebagai pertahanan Anda ketika lapar tiba. Khasiat kalsium pada susu adalah untuk memecahkan sel-sel lemak. Dikutip dari laman smallcrab.com, sejumlah penelitian menunjukkan, jika kebutuhan kalsium tak terpenuhi, tubuh akan memproduksi calcitrol yaitu hormon yang membuat lemak menumpuk dalam tubuh. Apa jadinya jika puasa Anda menimbulkan sebuah penyakit ? Tentu kita tidak menginginkannya, maka dari itu penuhilah kebutuhan kalsium kita ketika berpuasa nanti.


4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat tinggi akan serat dan sumber protein yang baik bagi kesehatan. Untuk mencerna membutuhkan waktu lebih lama, sehingga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu lama pula. Jadi puasa Anda tidak sia-sia karena tidak perlu mengingat makanan terus ketika puasa. Apalagi sampai tidak sadar makan ketika puasa, wah bisa batal tuh puasa.

Protein memang memiliki "highest satiety index" yaitu (indeks yang menentukan berapa lama Anda merasa kenyang) daripada zat nutrisi lainnya. Jadi sangat disarankan untuk Anda mengkonsumsi makanan kacang-kacangan ketika puasa. Jangan lupa buat bubur kacang hijaunya yah Ucers.



5. Apel

Kadar air dan serat yang tinggi adalah alasan Anda merasa kenyang setelah memakan apel. Kulit apel juga mengandung serat pektin yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan alami pada tubuh Anda . Untuk menjaga berat badan dan tetap kenyang, makanlah satu buah apel dengan kulitnya setiap hari agar tetap merasa kenyang sampai waktu buka puasa.



Nah, Ucers bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel ini ? Apakah bermanfaat bagi Anda ? Jangan lupa tinggalkan komentarnya biar saya tahu yah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel