RAHASIA PANJANG UMUR HINGGA 1 ABAD



Mbah Gotho, manusia tertua di Indonesia baru saja meninggal di usia 146 tahun. Di Jepang, para penduduk Okinawa dikenal berusia panjang. Jepang juga menjadi negara dengan proporsi warga berusia 100 tahun terbanyak di dunia. Apakah hidup panjang ada rahasianya?
Sodimedjo alias Mbah Gotho tak kenal Pete Townshend, begitu pula sebaliknya. Tapi apa yang dirasakan oleh Mbah Gotho sudah ditulis oleh Townshend pada 1965. Saat itu, Townshend, gitaris The Who, menciptakan lagu "My Generation". Lagu itu punya selarik lirik yang menggambarkan kemarahan anak muda terhadap generasi tua.
"I hope I die before get old," begitu tulis Townshend.
Namun dalam kasus Mbah Gotho, ia ingin meninggal karena sudah terlalu lama hidup. Dalam Kartu Tanda Penduduknya, Mbah Gotho disebut lahir di Klaten, 31 Desember 1870. Jika itu benar, maka umurnya Desember tahun ini adalah 147 tahun. Ingatan akan umurnya berpatokan pada dua hal. Pertama, ia datang ke peresmian Pabrik Gula Kedung Banteng yang terletak di Gondang, Sragen. Pabrik gula ini diresmikan pada 1880. Kedua, Gotho ingat sudah membantu ayahnya di titimangsa bersamaan dengan berdirinya pabrik gula itu. Bocah desa sepertinya, ujarnya, sudah membajak sawah sejak melewati umur 10 tahun.
Di masa hidupnya, ia menyaksikan bagaimana Indonesia mengalami gejolak dan perubahan sejarah besar. Ia pernah mengalami masa penjajahan Belanda, Jepang, juga kemerdekaan. Pernah jadi saksi Soekarno dilantik, menyaksikan Soeharto tumbang, hingga Jokowi jadi Presiden.
Pada 1992, Mbah Gotho membuat nisan. Ia sudah amat siap untuk meninggal dan dikubur. Tapi itu tak kunjung datang. Nisan yang dipesannya disimpan dengan baik. "Kematian itu hal yang saya inginkan. Nisan itu untuk jaga-jaga," kata Mbah Gotho pada
BBC , tahun lalu.
Keinginan itu akhirnya terwujud pada 30 April 2017. Pada 12 April, ia sempat masuk rumah sakit karena kondisi tubuh yang lemah. Tapi kemudian ia memaksa pulang setelah 6 hari dirawat. Menurut cucunya, Suryanto, Mbah Gotho tak mau makan. Ia hanya menyantap satu dua sendok bubur sumsum.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel