HAL YANG MENYEBABKAN PERUT ANAK KEMBUNG





Anak seringkali mengeluhkan perutnya kembung. Ternyata ini penyebab anak sering kembung, di antaranya gas yang belebihan pada pencernaan karena salah mengonsumsi makanan atau minuman. Yang berakibat produksi gas meningkat.
"Biasanya penyebab kembung karena tidak cocok dengan makanan tertentu, yang kita sebut intoleran. Misalnya intoleran susu. Laktosa bisa menyebabkan anak kembung, karena gagal mencerna susu dengan baik," jelas dr. Nastiti Kuswandani, SpA(K)., saat ditemui Nova.id di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Selain itu, proses pencernaan yang tidak seratus persen sempurna juga menjadi penyebab perut kembung. Infeksi yang membuat rambut halus atau fili rusak juga menyebabkan gas dalam perut meningkat.
"Ada infeksi karena kontaminasi yang merusak fili-fili usus juga membuat anak kembung," imbuhnya.
Orang tua harus cepat merespons kondisi anak dengan mencari penyebab kembung. Misalnya tiap kali makan makanan tertentu, anak jadi kembung. Sebaiknya jangan biarkan anak mengonsumsi makanan itu lagi.
"Kita cari tahu penyebab kembungnya apa? Kalau karena jenis makanan tertentu, ya stop dulu, jangan konsumsi makanan itu dulu," katanya.
Supaya kinerja usus anak kembali normal, orangtua bisa memberinya enzim atau probiotik yang terdapat pada yoghurt. "Berikan enzim atau probiotik untuk mengembalikan kerja usus," tandasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel