REMAJA GABUNG GENG MOTOR CENDERUNG UNTUK MENDAPAT PENGAKUAN





JAKARTA - Psikolog, Jane Cindy mengatakan, remaja umumnya tertarik bergabung dengan geng motor karena mencari penerimaan dari kelompok teman sebayanya.
"Teman sebaya atau peer group memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan psikososial remaja," kata Jane dihubungi di Jakarta, Rabu (31/5/2017).
Jane mengatakan remaja biasanya memiliki kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan dan penerimaan dari kelompok teman sebaya. Karena itu, teman sebaya sangat penting dalam perkembangan psikososial remaja.
Selain faktor pergaulan dengan teman sebaya, Jane mengatakan terdapat beberapa faktor internal yang dapat memengaruhi remaja ingin bergabung dengan geng motor.
Diantaranya adalah kualitas hubungan keluarga yang kurang harmonis, serta remaja merasa tidak mendapat perhatian dan penerimaan dari orang tuanya.
"Bisa juga karena pola pengasuhan orang tua yang cenderung otoriter atau bahkan mengabaikan anak," ujarnya.
Selain itu, seorang remaja juga bisa memilih bergabung dengan geng motor karena sedang melakukan pencarian identitas diri yang kemudian berkembang menjadi pencarian identitas ke arah negatif.
Jane mengatakan seorang remaja tidak akan terpengaruh untuk ikut-ikutan menjadi anggota geng motor selama memiliki konsep diri yang berkembangan baik dan perkembangan identitas diri yang positif.
"Remaja yang memiliki kualitas hubungan dan komunikasi yang baik dengan orang tua serta lingkungan teman sebaya yang positif juga relatif tidak akan ikut-ikutan bergabung dengan geng motor," tuturnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel