SEBELAS MAKANAN PENGUSIR STRES

Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Tapi, tahukah Anda bahwa stres tidak selalu buruk karena dalam beberapa situasi, stres justru bermanfaat. Ya, stres bukan untuk dihindari melainkan untuk dikelola dengan baik. Bagaimana cara mengelola stres? Pertama-tama, mari kita kenali apa itu stres.



Stres merupakan suatu kondisi dimana seseorang tengah dihadapkan pada masalah berupa tuntutan, peluang, dan lainnya sehingga memengaruhi kondisi kejiwaannya.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami stres yang kalau tidak dikelola dengan manajemen stres yang baik maka bisa membahayakan. Dan di bawah ini merupakan sumber potensi stres yang bisa terjadi pada seseorang.

1. Faktor Pribadi

Yang paling dominan terjadi pada seseorang yang mengalami stres ialah faktor pribadi yang muncul dari dalam dirinya sebagai akibat ketidakmampuannya dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.

Beberapa faktor pribadi yang berpotensi memicu tingkat stres meliputi karakter yang melekat, masalah keluarga, masalah ekonomi, dan lainnya. Orang yang memiliki rumah tangga tidak begitu baik, mudah berselisih dengan pasangan, tidak saling percaya, dan lainnya lebih rentan terkena stres daripada orang yang rumah tangganya adem ayem, rukun dan harmonis.

2. Faktor Lingkungan

Selain faktor pribadi, faktor lainnya yang tak kalah pentingnya dalam memengaruhi tingkat stres seseorang ialah faktor lingkungan. Lingkungan merupakan komunitas terdekat yang secara intens berkomunikasi dan berinteraksi sehingga sangat berperan dalam menciptakan kenyamanan atau stres terhadap individu.

3. Faktor Organisasi

Stres juga bisa ditimbulkan oleh faktor organisasi. Tekanan yang berat untuk menyelesaikan tugas yang banyak dalam kondisi waktu yang mepet, atasan yang selalu menuntut perfect dalam menyelesaikan setiap pekerjaan dan lainnya merupakan sumber utama pemicu stres dalam konteks organisasi.

Nah, untuk itu diperlukan penyikapan yang positif terhadap tingkat stres yang sangat rentan dihadapi oleh masing-masing orang, terlebih mereka yang sedang memiliki problem pelik.

■ Makanan Peringan Stres

Mengatasi stres bisa dilakukan dengan banyak cara seperti olahraga, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan lainnya. Kali ini pembahasan akan lebih difokuskan pada berbagai jenis makanan yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa stres.

1. Jeruk

Buah jeruk dikenal sebagai buah-buahan yang banyak memiliki kandungan vitamin C. Dosis vitamin C di dalam jeruk cukup tinggi. Menurut penelitian yang dilakukan di Jerman telah ditemukan bahwa vitamin C bisa membantu untuk mengurangi stres dengan menormalkan tingkat kortisol dan juga menurunkan tekanan darah.

2. Apricot kering

Buah apricot merupakan penghasil magnesium yang juga dikenal sebagai pengusir stres yang melanda seseorang.

3. Ubi jalar

Umbi-umbian yang satu ini ternyata memiliki banyak kandungan seperti vitamin, betakaroten, serat, dan karbohidrat yang dapat membantu mengurangi tingkat stres.

4. Bayam

Bayam mengandung magnesium yang cukup tinggi untuk mencukupi sekitar 40% kebutuhan magnesium harian Anda. Kekurangan magnesium akan menyebabkan tubuh mudah lelah dan migrain yang bisa jadi berpotensi menimbulkan stres.

5. Kalkun

Banyak orang yang telah mengonsumsi kalkun kemudian merasakan rileks karena L-tryptophan yang terkandung di dalam unggas ini dapat memicu pelepasan serotonin yakni senyawa kimia otak yang bisa meningkatkan mood. L-tryptophan ini memiliki efek yang menenangkan.

6. Sayuran hijau

Berbagai sayuran hijau seperti brokoli dan juga sayuran berwarna gelap mengandung vitamin yang dapat membantu menenangkan pikiran dan menjaga tubuh dari tingkat stres.

7. Yogurt

Kandungan asam aminonya mampu mengontrol rasa cemas stres.

8. Oat
tripofan dan karbohidrat kompleksnya menyeimbangkan kadar glikemik Anda dan mencegah Anda terbangun tengah malam.

9. Cokelat
membantu pelepasan hormon endorphin untuk memperbaiki mood.

10. Makarel
 Asam dalam ikan makarel memberikan efek menyegarkan pada tubuh untuk melawan kegelisah dan stres.

11. Daun parsley
 mengandung asam amino yang mengatasi kegelisahan dan membangun energi.

Kondisi stres memang berpotensi terjadi pada siapapun dan bukan untuk dihindari, namun yang ideal ialah seseorang menangkal dan mengelola stres dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, salah satu cara untuk meminimalkan tingkat stres ialah dengan banyak mengkonsumsi makanan di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel