7 MAKANAN YANG BISA MENINGKATKAN KECERDASAN ANAK

Nutrisi merupakan salah satu peranan paling penting dalam pertumbuhan seorang anak. Pertumbuhan anak yang normal dengan asupan nutrisi dan kondisi kesehatan yang baik. Anda sebagai orang tua cobalah untuk memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi anak setiap harinya.




Sebenarnya, makanan yang anak makan sangat berpengaruh pada tingkat kecerdasan seorang anak. Menurut yang dilansir dari makassar.tribunnews.com (09/08/2015), hasil penelitian dari Kleinman, dkk menyatakan bahwa anak yang tadinya tidak sarapan dengan komposisi gizi yang memadai dan setelah itu mendapatkan sarapan dengan komposisi gizi yang baik, ternyata mengalami peningkatan kemampuan akademik dan fungsi psikososial dengan teman sebayanya.

Oleh karena itu, para ahli gizi menyarankan kepada orang tua untuk lebih memilih makanan yang memiliki julukan "Brain Food" yaitu makanan buat otak yang bisa merangsang perkembangan sel-sel otak. Berikut 10 makanan yang bisa membuat otak anak lebih cerdas, dikutip dari nagita.grid.id (16/03/2016).

1. Salmon

Ikan salmon merupakan ikan yang berlemak dan memiliki asam lemak omega 3 terbaik, DHA dan EPA. Keduanya sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Menurut riset terbaru menunjukkan bahwa orang yang telah mendapatkan asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran yang lebih baik dan menunjukkan hasil yang memuaskan dalam uji kemampuan, Menurut para ahli, meskipun ikan tuna juga mengandung asam omega 3, namun ikan salmon lebih banyak dari ikan tuna. Jadi, ikan salmon adalah makanan yang dianjurkan untuk kecerdasan otak.

2. Telur

Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa di dalam telur mengandung protein penting. Pada bagian kuning telur ternyata mengandung kolin, yaitu suatu zat yang bisa membantu perkembangan memori atau daya ingat seseorang.

3. Selai kacang

Selai kacang dan kacang tanah merupakan salah satu sumber vitamin E. Fungsi dari vitamin E sendiri sebagai antioksidan yang mampu melindungi membran-membran sel saraf. Vitamin E juga bisa membantu otak dan saraf dalam pemakaian glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Gandum murni

Otak sangat membutuhkan asupan atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Pada gandum yang masih murni mempunyai kemampuan untuk mendukung kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung dalam gandum yang masih murni bisa membantu dan mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh serta terkandung vitamin B yang berguna untuk kesehatan sistem saraf.

5. Sayuran berwarna


Sayuran yang dimaksut yaitu tomat, ubi jalar merah, bayam, wortel merupakan sayuran yang mengandung banyak nutrisi dan sumber antioksidan yang bisa membuat sel-sel otak lebih kuat dan sehat.

6. Susu dan Yogurt

Bahan makanan berasal dari produk susu yang mengandung protein dan vitamin B yang cukup tinggi. Dua jenis nutirisi tersebut sangat penting untuk perkembangan pada jaringan otak, enzim dan neuotransmitter. Mengonsumsi susu dan yogurt akan membuat perut lebih kenyang, sebab karbohidrat dan protein yang terkandung di dalamnya akan menjadi sumber energi bagi otak. Menurut penelitian terbaru mengemukakan bahwa anak-anak atau sudah beranjak remaja membutuhkan lebih banyak viatmin D bahkan 10 kali dari dosis yang telah di anjurkan. Vitamin D merupakan vitamin yang cukup penting bagi perkembangan sistem saraf otot siklus sel hidup manusia secara keseluruhan.

7. Daging sapi tanpa lemak

Zat besi merupakan suatu jenis mineral esensial yang bisa membantu anak tetap berenergi dan mampu berkonsentrasi saat belajar. Daging sapi tanpa mengandung lemak merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung zat besi. Hanya dengan mengonsumsi 1 ons per hari saja, maka tubuh Anda akan terbantu saat penyerapan zat besi dan sumber lainnya. Dalam daging juga terkandung mineral seng yang berguna untuk memelihara daya ingat manusia.

Itulah beberapa makanan yang bisa membuat otak anak lebih cerdas. Anda sebagai orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas bukan? Sebaiknya beri makanan diatas pada anak Anda.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel