BAHAYA,MENYIMPAN NASI DI MAGIC COM LEBIH DARI 12 JAM

BEREDAR di media sosial (medsos) untuk mengeluarkan nasi dari rice cooker kalau sudah matang. Pasalnya jika lebih dari 12 jam akan menjadi pemicu penyakit diabetes.
“Nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam akan berubah menjadi racun”, terang Zara, lewat jejaring sosial miliknya.




Nasi dari magic com boleh dimakan, dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com. Apalagi dengan kondisi terus menerus dihangatkan.
Ia memperingatkan ketika nasi sudah matang segera keluarkan dari magic com dan dipindahkan ke tempat nasi.
Menanggapi informasi tersebut, Yenita DCN MPH RD, Ahli Gizi Klinik RSMH Palembang mengatakan, masak nasi dengan magic com adalah untuk mepermudah ibu agar bisa makan nasi hangat. Untuk memanaskan nasi tetap hangat dalam magic com suhu 75° celsius.
Apabila ini berlangsung selama 12-24 jam berdasar kan hasil penelitian akan terjadi penurunan kadar zat gizi seperti protein, pati, gula reduksi dan perubahan kualitas fisik nasi.
“Kalau ini menjadi pola makan tentunya kualitas gizi yang kita asup juga kurang baik. jadi sebaik nya kita masak nasi sejumlah yang kita konsumsi, apabila ada sisa lepas kan magig com dari aliran listriknya jangan sampai dipanaskan 12 jam,”sarannya.
Sedangkan, penyebab diabetes dari nasi magic com perlu penelitian lanjut. Diabetes Melitus (DM) adalah akibat kekurangan insulin secara absolut atau pun relatif sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah (hiperglikemia). Penyebabnya bisa faktor genetik, obesitas, pola makan tidak seimbang, gaya hidup, akibat virus, gangguan hormon, karena gangguan gizi atau malnutrisi. dan lainnya.
Apabila seseorang mengonsumsi karbohidrat sederhana(gula), karbohidrat kompleks(nasi, kentang, ubi dan lainnya) melebihi kebutuhan tubuh akan dimetabolisme dan diubah dalam bentuk lemak (trigliserida) yang disimpan dalam jaringan adipose dalam waktu yang lama. Hal ini akan meningkat kadar lipid darah(hiperlipidemia), meningkatkan berat badang sehingga obesitas berisiko penyakit hipertensi, stroke, penyakit jantung, diabetes mellitus.
“Kebutuhan karbohidrat yang di anjurkan 50-65persen dari total energi perhari. Batasi penggunaan refind karbohidrat(roti, tepung2an, mie. dll), simple kh (gula, sirup, dll). Anjuran gunakan kh kompeleks,” terangnya.
Dia menambahkan, zat gizi anti kanker adalah, vitamin C, A, E, antioksidan, beta karoten, isoflavonoid, likopen, serat dan lainnya banyak dalam bahan makanan seperti ubi jalar, kubis, asparagus, brokoli dan lain sebagainya. (qiw/via)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel