BEBERAPA TANAMAN OBAT YANG WAJIB ADA DIPEKARANGAN RUMAH




Banyak manfaat jika kita memiliki tanaman obat di rumah sendiri. Selain memberikan efek teduh dalam rumah, memiliki tanaman obat di rumah dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama dari gejala penyakit ringan.
Tanaman obat telah digunakan sejak zaman nenek moyang untuk mengobati penyakit sederhana. Meski demikian pemeriksaan dokter tetap dibutuhkan jika sakit yang Anda alami berlanjut.
Dilansir dari laman The Times of India, ada beberapa tanaman obat yang cocok ditanam di rumah karena murah, dan aman dikonsumsi sehingga tidak menimbulkan efek samping.

● Kemangi

Kemangi salah satu tanaman yang sering dijumpai sebagai lalapan atau pelengkap masakan karena aromanya yang wangi. Selain itu, tanaman yang di India dikenal dengan sebutan Tulsi ini dianggap sebagai tanaman suci oleh umat Hindu.
Tak hanya wangi, kemangi juga memiliki manfaat bagi kesehatan, salah satunya infeksi telinga dan manfaatnya sebagai anti jamur, bakteri dan antibiotik sebagai penurun demam, flu, masalah pernapasan, sakit kepala hingga insomnia. Tanaman ini bisa dikonsumsi mentah atau pun dikeringkan sebagai teh.

● Kelabat

Kelabat atau dikenal dengan fenugreek adalah salah satu tanaman yang mudah ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini dipercaya mampu menjaga kesehatan fungsi hati, dan mencegah timbulnya kanker. Selain itu kelabat juga mampu mengatasi masalah pencernaan.
Bagi ibu menyusui, kelabat juga mampu meningkatkan kadar asi, juga mampu meringankan nyeri haid. Tanaman yang banyak diambil manfaat bijinya ini juga bisa mengatasi peradangan, bisul, hingga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

● Sereh

Seperti yang kita ketahui, bahwa tanaman sereh masuk dalam kategori rumput liar dan tanaman semak yang mampu tumbuh dalam kondisi kering. Jika Anda memiliki rencana menanamnya di pekarangan rumah, sebaiknya Anda harus rajin untuk merapikan tanaman ini agar tidak tumbuh lebat dan menjadi semak.
Sereh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minyak sereh mampu mencegah gigitan nyamuk, sehingga terhindar dari nyamuk demam berdarah. Memiliki aroma yang khas, rebusan sereh sering digunakan sebagai terapi relaksasi pereda stres. Selain itu, sereh juga memiliki sifat anti-piretik di dalamnya sehingga mampu membantu menurunkan demam. Sereh juga baik bagi kesehatan pernapasan dan radang tenggorokan.
Untuk meredakan nyeri, pilihan tepat menggunakan rebusan sereh, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, kejang saluran pencernaan, kram otot dan sakit perut dapat diatasi.

● Basil

Basil merupakan tanaman obat yang mampu tumbuh meskipun di dalam pot. Tanaman yang sering digunakan sebagai pelengkap bahan masakan ini memiliki rasa yang tajam dan berguna untuk mengobati perut kembung dan menambah nafsu makan. Basil juga dipercaya mampu mengatasi luka akibat goresan benda tajam.

● Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera salah satu tanaman yang mudah tumbuh di pekarangan ataupun di dalam pot. Selain mampu mengusir nyamuk, lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang meredakan nyeri hingga luka bakar. Lidah buaya kaya akan antioksidan, yang merupakan penguat kekebalan tubuh alami sehingga membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh.
Jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, Anda bisa mengonsumsi jus lidah buaya. Namun harus diperhatikan cara pengolahannya, karena sisi luar kulit lidah buaya memiliki kandungan yang memicu alergi. Tak hanya baik untuk kesehatan, lidah buaya juga baik untuk perawatan kecantikan rambut dan kulit (sebagai pelembap). (mus)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel