MAKANAN PENURUN KOLESTEROL JAHAT




Ibarat tamu yang tak ingin ditemui, itulah kolesterol jahat. Sebagian besar orang tak menginginkan kehadirannya apalagi jika kadarnya melonjak setelah mengonsumsi santapan Lebaran.
Walaupun makanan bersantan--merupakan salah satu pemicu kolesterol jahat melonjak, tak bisa dihindari, ada sejumlah makanan yang bisa kita konsumsi untuk melawan kolesterol jahat. Apa saja?

1. Ikan

Spesialis penyakit jantung dan kardiolog Dr. Djoko Maryono pernah mengungkapkan, masyarakat Jepang terbiasa mengonsumsi ikan sekitar 100 gram per hari. Inilah alasan, angka penderita kolesterol tinggi hanya tiga dari 1000 orang.

2. Alpukat

Alpukat mampu melawan munculnya sindrom metabolik, yang termasuk dalam kelompok faktor risiko gula darah tinggi, kolesterol, tekanan darah tinggi, dan meningkatnya indeks massa tubuh.
Para peneliti dari Iran seperti dilansir Science Daily menuturkan alpukat memiliki efek yang paling menguntungkan profil lipid, yakni mengubah kolesterol low-density lipoprotein (LDL), high-density lipoprotein (HDL), trigliserida, kolesterol total, dan fosfolipid.

3. Cabai

Zat capsaicin yang terkandung di bagian biji dan serat putih dalam cabai bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar "kolesterol jahat" hingga mencegah munculnya sel kanker.
Ahli gizi dari RSCM Kencana, Claudia Debtarsie Kliranayungie pernah menyarankan agar mengonsumsi cabai dalam bentuk segar, bukan yang dikeringkan atau berupa cabai bubuk.

4. Yogurt

Yogurt bermanfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari membantu menurunkan kadar kolestrol hingga diabetes melitus tipe dua.
Spesialis gizi dari FKUI, dr Marya W. Haryono pernah mengatakan, konsumsi yogurt dapat dilakukan setelah makan, karena membantu menurunkan kolesterol.
Dia juga mengungkapkan, yogurt juga bisa cemilan sehat yang mencukupi kebutuhan kalsium dan menjaga pencernaan agar tetap sehat.

5. Buah naga

Buah naga dapat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sebuah studi dalam jurnal Pharmacognosy Research pada 2010, menemukan, konsumsi buah naha bisa menurunkan risiko berkembangnya penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

6. Gandum

Sereal dari gandum adalah salah satu jenis Makanan Penurun Koleserol dengan Cepat yang terkenal. Kemampuannya yang sangat baik dalam membantu menurunkan kolesterol, trigliserida darah, serta bekerja untuk membantu mengatur kadar gula darah didalam tubuh yang berhubungan dengan penyakit diabetes. Dan menurut studi yang dilakukan menunjukkan jika bahwa pengaruh buruk akibat kolesterol tinggi bisa dikurangi resikonya dengan mengonsumsi beta-glucan, sebagai salah satu jenis serat yang terkandung didalam gandum. Dan sekitar 4-10% dari kolesterol didalam tubuh yang sudah terbukti menurun karena serat yang terdapat didalam gandum ini.

7. Buncis

Makanan Penurun Koleserol dengan Cepat yang selanjutnya adalah sayur buncis. Buncis merupakan salah satu jenis sayur kacang-kacangan yang mengandung serat pangan didalamnya. Kemampuannya yang sangat baik dalam membantu mengurangi resiko kolesterol dan juga ntuk membantu mencegah terjadinya kenaikan gula darah dengan cepat setelah makan. Anda dapat membuat jus kacang buncis dengan perkiraan takarannya adalah ¾ cangkir dalam setiap harinya. Dasil yang akan Anda dapatkan adalah LDL, trigliserida, serta kolesterol total dalam tubuh Anda akan semakin menurun. Sayur buncis adalah salah satu jenis sayuran dengan kandungan lemak rendah didalamnya dan sebagai sumber karbohidrat yang sangat diperlukan untuk para penderita diabet dan juga resistensi insulin.

8. Beras merah

saat ini keberadaan dari beras merah sudah agak sulit untuk ditemukan. Namun masih banyak orang yang menjualnya. Beras merah sangat dicari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan serta untuk membantu menambah berat badan. Dan selain itu, kegunaan dari beras merah juga bisa membantu untuk menurunkan kadar lemak darah karena adanya serat tinggi didalamnya yang akan membantu menurunkan gula darah. nutisi lainnya yang terkandung didalam beras merah adalah jenis vitamin B, selenium, magnesium, serta fitonutrien.

9. Seledri

kandungan sumber antioksidan yang ada didalam seledri dikenal bisa membantu menurunkan resiko penyakit jantung dan selain itu juga membantu untuk mencegah terjadinya oksidasi LDL. Dan Anda dapat menjadikan seledri sebagai salah satu Makanan Penurun Koleserol dengan Cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel