RESEP AYAM BUMBU BALI

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, daging ayam merupakan salah satu sumber protein hewani penting yang dibutuhkan tubuh kita. Selain harganya yang cukup terjangkau dibandingakn dengan sumber protein hewani yang lain, daging ayam juga bisa kita olah menjadi berbagai macam masakan dengan mudah. Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk membuat masakan ayam spesial memakai resep bumbu bali, yaitu Resep Ayam Bumbu Bali. Salah satu variasi resep masakan bali ini memang sangat mengundang selera. Dengan menggunakan beberap macam bumbu rempah dan bumbu khas Indonesia, ayam bumbu bali pedas ini sangat cocok sekali untuk teman makan nasi untuk menu santap siang atau malam.



Selain untuk kebutuhan gizi anak anak di masa pertumbuhan, orang dewasa atau lanjut usia pun sangat membutuhkan kandungan protein hewani dari resep ayam bumbu bali enak ini untuk kebutuhan sehari hari. Selain banyak mengandung kandungan protein hewani, resep masakan asli Indonesia kali ini juga banyak mengandung viatmin C dan vitamin yang lain. Tentu saja, seperti resep telur bumbu bali atau resep bumbu bali yang lain, resep masakan ayam kali ini juga bercitra rasa pedas. Tetapi kalau memang ada anggota keluarga yang tidak terlalu suka pedas, teman teman bisa mengurangi komposisi buah cabai dan merica bubuk yang digunakan.

Mungkin Resep Ayam Bumbu Bali memang tidak sepopuler resep ayam yang lain dan jarang bisa kita temukan di rumah makan atau restauran terkenal, tetapi kalau masalah rasa tidak kalah lho dibandingkan resep masakan populer yang lain. Tidak hanya rasa kuah kental khas bumbu bali nya saja yang membuat orang ketagihan untuk menikmatinya, aroma yang kuat yang keluar pasti membuat setiap orang ingin mencicipinya. Seperti resep masakan Indonesia yang lain, resep kali ini memang membutuhkan beberapa bahan rempah untuk bumbu halusnya. Tetapi teman teman tidak perlu khawatir, cara membuat ayam bumbu bali secara keseluruhan cukup mudah lho. Tidak perlu seorang koki, teman teman yang tidak biasa memasak pun dengan mudah bisa membuat Resep Masakan Ayam Bumbu Bali dengan mudah, asal mengikuti langkah langkah dan menggunakan bahan bahan yang sudah kita jabarkan dibawah.


Resep Ayam Bumbu Bali Enak Pedas

Bahan bahan

● 1 ekor ayam ukuran sedang besar
● 1 sampai 1,5 sendok kecil gula pasir
● 3 lembar Daun salam
● 1/4 sendok kecil Merica halus atau sesuai selera
● 2 sendok teh Garam
● 700 - 750 ml Air

BUMBU HALUS

● 4 buah Bawang putih ukuran sedang
● 9 - 10 buah bawang merah
● 1 sendok kecil terasi bakar
● 7- 9 buah cabe merah kriting
● 1 buah tomat
● 6 Buah cabai merah besar
● minyak goreng secukupnya (buat numis bumbu)


Cara Membuat Ayam Bumbu Bali Sederhana

● cuci semua bahan yang akan digunakan terlebih dahulu
● Haluskan terlebih dahulu bumbu halusnya, seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai dan terasi. Bisa menggunakan blender atau menggunakan cara manual dengan cara di uleg pakai tangan.
● Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak goreng yang sudah dipersiapkan diatas.
● Setelah minyak panas, masukkan bumbu yang sudah dihalsukan diatas lalu aduk aduk sebentar supaya rata.
● Masukkan daun salam yang sudah dicuci bersih lalu aduk aduk lagi beserta bumbu halus yang lain sampai tercium bau harum keluar.
● Masukkan daging ayam yang sudah dicuci bersih dan dipotong sebelumnya ke dalam wajan penggorengan. Aduk aduk supaya semua bagian daging ayam tercampur dengan resep bumbu bali nya sampai berubah warnanya.
● Masukkan gula pasir, garam dapur beryodium dan merica bubuk yang sudah dipersiapkan di atas dan aduk aduk lagi supaya tercampur dengan daging ayam dan bumbu yang lain.
● Tuang air bersih yang sudah dipersiapkan sebelumnya dan aduk dengan bumbu lainnya.

Buat teman teman yang tidak suka pedas sama sekali, memang resep ayam dengan bumbu bali ini mungkin tidak terlalu cocok untuk menu masakan yang akan disajikan. Tetapi buat teman teman yang memang suka pedas, Resep Ayam Bumbu Bali ini sangat cocok sekali disantap bersama nasi putih yang masih hangat dan sepotong kerupuk. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel