RESEP AYAM RICA - RICA


Pedas dan lezat, itulah hal pertama kali yang akan anda rasakan saat menyantap ayam bumbu rica-rica. Sajian ayam ini sangat pas jika dihidangkan saat makan siang, karena rasa segarnya akan membuat makan anda semakin berselera.




Ayam bumbu rica-rica ini bisa menjadi kreasi olahan ayam jika anda bosan dengan olahan ayam yang itu-itu saja. Semua keluarga anda dijamin akan menyukai hidangan lezat ini. Cara membuat hidangan ini cukup mudah dan sederhana, bahan-bahan yang dibutuhkannya juga praktis. Nah, berikut ini kami hadirkan resep dan cara membuat ayam bumbu rica-rica.


Bahan-Bahan Untuk Membuat Ayam Bumbu Rica-Rica yang Pedas, Segar dan Lezat

Bahan Utama Ayam Bumbu Rica-Rica

● 6 buah sayap ayam
● 2 batang serai
● Garam secukupnya
● 1 sendok teh jeruk nipis
● 250 ml air
● 2 lembar daun jeruk
● 2 lembar daun salam
● 1 batang daun bawang
● Minyak goreng secukupnya

Bumbu Ayam Rica-Rica

● 6 buah cabai merah besar
● 2 cm jahe
● 2 buah cabai rawit
● 3 buah cabai keriting
● 3 siung bawang putih
● Garam secukupnya
● 5 butir bawang merah
● Gula pasir secukupnya
● 1/4 sendok teh merica bubuk
● 1 buah tomat

Cara Membuat Ayam Bumbu Rica-Rica yang Pedas, Segar dan Lezat

Cara Menyiapkan Bahan Ayam Bumbu Rica-Rica

● Pertama kali langkah yang harus anda lakukan yaitu mengolah ayam. Silahkan ambil ayam yang sudah anda siapkan. Lalu cuci ayam hingga benar-benar bersih. Kemudian belah ayam menjadi dua bagian.
● Selanjutnya memarkan atau geprek serai. Lalu buang tulang daun jeruk nipis.
● Potong daun bawang dengan ketebalan sekitar 1 cm.
Ulek kasar bumbu seperti yang sudah ditentukan di atas.

Cara Membuat Ayam Bumbu Rica-Rica

● Ambil ayam yang sudah anda bersihkan tadi. Lalu lumuri ayam dengan menggunakan garam dan air jeruk nipis. Lumuri ayam hingga merata.
● Kemudian, simpan wajan di atas kompor menyala. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya untuk menggoreng ayam. Tunggu beberapa saat hingga minyak goreng panas dan meletup-letup. Jika sudah seperti itu, anda bisa langsung memasukan ayam yang sudah dilumuri tadi. Goreng ayam hingga matang dan berkulit. Angkat ayam dan tiriskan.
● Tuangkan minyak goreng pada wajan ke dalam wadah yang lainnya, sisakan minyak goreng sekitar 2 sendok makan pada wajan. Kembali panaskan minyak goreng.
● Setelah panas, masukan bumbu yang sudah diulek tadi bersama dengan serai, daun jeruk nipis dan daun salam. Aduk merata dan tumis bumbu tersebut hingga mengeluarkan aroma harum.
● Selanjutnya masukan ayam yang sudah digoreng, aduk sampai merata.
● Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk sampai merata. Masak ayam hingga empuk dan bumbu meresap ke dalam ayam.
Terakhir, silahkan masukan daun bawang yang sudah dipotong. Aduk sampai merata, lalu angkat dan sajikan pada tempat saji yang sudah anda siapkan sebelumnya. ( Artikel lainnya : Resep dan Cara Membuat Tumis Ayam Sederhana yang Empuk, Gurih dan Lezat )
Ayam bumbu rica-rica sudah selesai dibuat. Selain sayap ayam, anda bisa menggunakan bagian ayam yang lainnya seperti paha atau dada.

Nikmati ayam bumbu rica-rica dalam keadaan hangat bersama nasi hangat pula agar lebih berselera. Demikian resep dan cara membuat ayam rica-rica. Mudah bukan? Selamat mencoba di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel