RESEP BOLU KUKUS GULA MERAH ANTI GAGAL

Bolu kukus gula merah merupakan salah satu varian dari bolu kukus. Bolu kukus sendiri selalu ada di toko kue ataupun pasar tradisional. Warnanya beraneka macam, ada yang merah muda, hijau putih bahkan ada juga yang warna - warni. Kue ini juga merupakan makanan yang khas dari Indonesia. Disukai oleh semua orang karena rasanya yang manis dan penampilannya yang menarik.

Namun berbeda kali ini, yang biasanya bolu kukus menggunakan gula putih sebagai bahan pembuatannya, kini kita akan menggunakan campuran gula merah. Tentu dengan warnanya yang cantik yaitu merah kecoklatan. Sebenarnya dalam pembuatan kue dengan menggunakan gula merah tidak jauh berbeda dengan membuat kue dengan gula pasir pada umumnya.



Aroma yang dhasilkan nanti akan berbeda, yaitu lebih harum, sedapnya gula merah akan tercium. Seperti kita ketahui sebelumnya, manfaat dari gula merah untuk kesehatan dan kecantikan diantaranya :

● Mampu membersihkan racun-racun dari darah Anda
● mengatasi masalah pencernaan
● biasanya dengan menambah gula ke dalam teh, susu, atau minuman apapun, membantu mengatasi sariawan dengan segelas kunyit asam
● gula merah mengandung zat besi sehingga membantu mengatasi masalah anemia ketika wanita menstruasi
● mencegah Jerawat
● mencegah batuk dan demam
● mencegah asma
● meredakan nyeri saat menstruasi dan masih banyak lagi manfaat dari gula merah.

Itu hanya sebagian kecil manfaatnya iya. Manfaat yang sebegitu luar biasa saatnya dikreasikan ke dalam makanan, pasti bisa dijadikan alternative bagi yang tidak ingin mengkonsumsinya secara langsung.

Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Bolu Kukus Gula Merah Antara Lain :

● 200 gr Gula Merah sisir halus
● 200 ml Air
● 3 helai Daun pandan
● 1/4 sdt Garam
● 1/4 sdt Vanilla bubuk
● 2 butir Kuning Telor
● 1/2 sdt Soda Kue
● 50 gr Gula Pasir
● 1/4 sdt Baking Powder
● 250 gr Tepung segitiga/kunci
● 100 ml Minyak Goreng

Cara Membuat :

1. Didihkan air,gula merah,daun pandan+garam+vanilli bubuk sampai larut. --- Saring ya,sisihkan sampai suhu ruang.

2. Mixer kuning telor+gula pasir+BP+Sodakue sampai pucat mengembang pake speed tinggi

3. Masukkan secara berurutan : Air gula merah lalu campuran terigu sampai rata aja yahh dengan mixer speed paling rendah,matikan mixer -- Lasttt masukkan masukkan minyak aduk pake Spatula aja.

4. Tuang dalam cup bolu kukus yah 1 resep tadi jadi 9 cup ya:)

5. Kukus selama 20 menit dengan api besar :) sebaiknya tutup dandang dilapisi serbet supaya airnya ga netes2

6. NOTE: # Panaskan dandang sampe full uap sebelum adonan masuk ya # Jangan buka tutup dandang sebelum mateng,Big NO! bisa mingkem bolkusnya # Aduk Minyak pake spatula yang rata supaya minyak nda ngendap di bawah yaa.. # tutup kukusan sebaiknya dibungkus serbet biar air ndak netes2 ke bolkus # Air kukusan jangan terlalu tinggi supaya ndak nyiprat2 ke pantat bolkus menyebabkan basah bantet bawahnya # Warna Gula merah yang dipake mempengaruhi warna akhir yaa Enjoyyyyy :) mudah bangett..

Selamat Mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel