RESEP BOLU KUKUS PELANGI LEMBUT

Seperti juga variasi resep kue bolu kukus yang lain, cara membuat bolu kukus pelangi warna warni ini sangat mudah. Bahan bahan untuk membuat Resep Bolu Kukus Pelangi ini bisa dibilang juga sangat sedikit dan sederhana. Bahkan untuk remaja putri atau teman teman sista yang tidak hobi membuat kue pun dengan mudah bisa membuat resep bolu pelangi dengan warna yang menarik ini. Tentu saja, walaupun mudah dan sederhana, untuk membuat resep bolu kukus pelangi ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasil jadi kuenya nanti lembut teksturnya dan rasanya juga enak.



Selain rasanya yang cukup manis, tekstur kue bolu kukus pelangi ini juga cukup lembut sehingga digemari oleh banyak orang. Buat sebagian orang, membuat Resep Bolu Kukus Pelangi yang mempunyai tekstur lembut mungkin agak susah dan sering kali gagal. Memang untuk membuat kue satu ini bisa dibilang gampang gampang susah. Ada beberapa hal yang benar benar harus diperhatikan, antara lain komposisi bahan bahan yang digunakannya harus tepat. Saat mengukus resep bolu pelangi ini tutupnya juga harus dialasi dengan kain di bagian atasnya supaya tetesan uap air tidak jatuh lagi ke loyangnya. Selain itu, saat mengocok adonanannya harus benar benar tercampur dengan rata supaya tidak ada gumpalan gumpalan yang membuat tekstur kuenya nanti tidak lembut. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan dan cara membuat resep bolunya di bawah ini.


Resep Bolu Kukus Pelangi Lembut Sederhana

Bahan bahan Resep Bolu Kukus Pelangi Warna Warni

● 50 gram tepung terigu berprotein rendah.Pilihlah tepung yang berkualitas bagus dan tidak apek. Saring dan ayak tepung terlebih dahulu sebelum digunakan supaya terhindar dari kotoran ataupun gumpalan tepung yang membuat hasil jadinya nanti jelek.
● 4 butir Telur ayam yang masih segar ukuran sedang besar.
● 150 ml Santan kental yang bagus kurang lebih. Sebaiknya menggunakan santan dari perasan buah kelapa supaya lebih legit, kalau tidak ada bisa juga menggunakan santan instan merek favorit masing masing.
● 1 sendok kecil Cake emulsifier/TBM/SP. Jangan terlalu banyak supaya rasanya tidak berubah.
● 150 gram Gula pasir putih, Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera masing masing.
● 1 sendok kecil Pewarna makanan. Untuk pilihan warna, jumlah warna dan merek menurut selera masing masing.
● Vanila bubuk atau esense kalau suka (tidak wajib, bisa dihilangkan tergantung selera).
● Kertas roti untuk mengalasi loyangnya supaya mudah saat dikeluarkan dari loyangnya.

Cara Membuat Kue Bolu Kukus Pelangi Ceria

● Langkah pertama adalah membuat adonanannya. Ambil satu wadah ukuran sedang dan masukkan gula pasir, cake emulsifer dan 4 butir telur ayamnya.
● Kocok ketiga bahan tersebut dengan mixer berkecepatan tinggi sampai benar benar tercampur sempurna, berwarna putih dan mengembang.
● Kecilkan mixer sampai kecepatan paling rendah lalu masukkan tepung terigu protein rendah nya sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dan aduk menggunakan mixer kecepatan rendah sampai tercampur sempurna.
● Masukkan santan kentalnya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk menggunakan mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata dengan adonan lain. Pastikan adonan tercampur rata dan tidak ada adonan yang menggumpal lalu matikan mixernya.
● Siapkan panci buat mengukusnya dan panaskan sampai airnya mendidih.
● Ambil dua wadah lagi yang ukurannya lebih kecil (atau lebih, tergantung berapa warna yang akan digunakan). Bagi adonan Bolu kukus pelangi diatas menjadi tiga bagian sama rata.
● Ambil pewarna makanan yang sudah disiapkan sebelumnya lalu tuang di masing masing adonan. Aduk aduk tiap adonan dengan spatula sampai benar benar rata dan tercampur sempurna.
● Ambil loyang yang akan digunakan dan beri alas kertas roti dibagian dan olesi dengan sedikit margarin supaya kue tidak lengket saat sudah matang dan mau diangkat nantinya.
● Masukkan adonan pertama ke dalam loyang untuk lapisan dasar dan kukus kurang lebih selama 15 menit saja. Jangan lupa lapisi tutup panci pengukusnya dengan kain serbet supaya uap airnya tidak jatuh ke dalam adonan.
● Setelah 15 menit, angkat dan tuang adonan warna kedua lalu kukus lagi. Ulangi sampai adonan ketiga.
● Setelah semua adonan sudah masuk loyang, masak dan kukus kue bolunya lagi sampai benar benar matang dan tanak (kurang lebih sekitar 25 menitan).

Ternyata cara membuat Kue Bolu Kukus Pelangi atau Rainbow Cake diatas cukup mudah bukan. Bahan bahan yang dibutuhkan Resep Bolu Kukus Pelangi pun cukup sedikit dan dengan mudah bisa kita peroleh di toko kelontong atau mini market sekitar rumah. Yang perlu diingat dalam proses pengukusannya jangan sering dibuka tutupnya supaya hasil jadinya lembut dan tidak bantet. Selain disajikan saat ada acara pertemuan di rumah, bolu pelangi ini enak juga buat jajanan sehari hari atau bekal buat ke sekolah atau ke kantor.
Selamat Mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel