RESEP COBEK BELUT ENAK DAN GURIH



Belut jenis ikan yang hidupnya di air tawar yang berlumpur, bentuk yang unik serta hamper menyeruapi ular ini, serta apabila di pegang sangat licin sekali salah satu ci khasnya. Belut ini sangat mudah ditemukan, karena banyak tersebar di seluruh nusantara, dan biasanya banyak di tempat seperti sawah hingga kolam. Belut juga salah satu jenis ikan yang sangat popular karena kelezatannya, sehingga banyak juga para peternak yang membudidayakan belut ini, karena memang permintaan masyarakat yang meningkat. Adapun kandungan yang terdapat pada belut ini berupa protein yang tinggi yang sangat baik untuk mencerdaskan otak anak, selain itu juga sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangannya.

Berbicara aneka masakan belut memang banyak sekali jenis serta bahan pengolahan yang bervariasi, sehingga belut ini mampu di olah sedemikian rupa dan bisa disulap menjadi sebuah masakan atau makanan yang lezat. Nah, mulai sekarang ada baiknya mencoba masakan belut yang memiliki citarasa yang lezat serta praktis dalam pengolahannya, yaitu cobek belut. Cobek menag cenderung dengan masakan ikan seperti gurame, ikan nila dan lainnya, namun ternyata belut ini juga mampu di buat cobek serta sama halnya kelezatannya dengan masakan ikan lainnya. Yuk kita simak bagaimana Resep Masakan Spesial Belut Cobek Mudah dan Praktis.

Jumlah Porsi

4 Porsi

Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Masakan Spesial Belut Cobek Mudah dan Praktis

Bahan Utama



Bahan :

● 400 gram belut
● 1 sendok teh gram
● 1 sendok teh air jeruk nipis
● minyak goreng secukupnya

Bahan Perendam

● 250 ml air putih
● 3 sioung bawang putih, haluskan
● 5 butir bawang merah, haluskan
● 1 sendok teh kunyit bubuk
● 1 sendok teh ketumbar bubuk
● 2 sendok teh garam
● 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Sambal

● 5 buah cabai merah keriting
● 8 buah cabai merah rawit
● 4 butir bawang merah, utuh
● 1 buah tumat ukuran sedang, belah 4 bagian
● 1/2 sendok makan terasi
● 1/2 sendok teh garam
● 1/2 sendok teh gula merah, disisir

Cara Membuat Masakan Spesial Belut Cobek Mudah dan Praktis

Cara Memasak

● Yang pertama adalah membersihkan belut, kemudian buang bagian isi perutnya, setelah itu potong sesuia selera, setelah itu lumuri dengan air jertuk nipis serta garam, lalu diamkan sekitar 15 menit.
● Setelah itu siapkan bahan perendam lalu masukan belut, lalu aduk hingga merata, lalu diamkan sekitar 30 menit, agar bumbu meresap.
● Kemudian panaskan minyak goreng dengan menggunakan api sedang, lalu goreng belut hingga matang, angkat lalu tiriskan.
● Setelah itu membuat sambal, bahan semua di goreng terlebih dahulu, kemudian haluskan menggunakan ulekan.
● Setelah jadi sambalnya, masukan belut yang sudah di goreng tadi, kemudian aduk hingga rata.
● Belut cobek siap disajikan

Itulah dia Resep Masakan Spesial Belut Cobek Mudah dan Praktis yang bisa anda coba dirumah. Kelezatan serta rasa yang pedas tentunya membuat anda merasa tergugah serta berselera dalam menyantap makanan belut cobek ini. Hidangkan bersama dengan nasi putih hangat makan anda menjadi lebih special. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel