RESEP SEMAR MENDEM SAPI


Penganan asli Jawa Tengah ini bisa dibilang mulai jarang dibuat kecuali untuk acara pesta. Proses pembuatannya yang membutuhkan beberapa kali proses pemasakan yang membuat orang mulai malas membuat semar mendem. Namun jika anda ingin menyajikan penganan ini bagi keluarga anda, kami mempunyai resep semar mendem yang bisa anda ikuti. Meski banyak tahapan pengolahan yang harus diikuti, hasil akhir dari penganan ini akan sangat lezat, jadi anda tidak akan sia-sia membuatnya.



Saat proses menyiapkan ketan kukus, pastikan ketan sudah matang dengan sempurna. Ketan kukus yang belum matang benar selain kurang enak dikonsumsi, bisa menyebabkan sakit perut (kembung), juga bisa membuat semar mendem lebih cepat basi. Agar ketan lebih cepat matang, setelah dicuci bersih ketan sebaiknya direndam terlebih dahulu selama 1 hingga 2 jam.
Untuk bahan isian ketan, selain dapat menggunakan daging sapi cincang, bisa juga menggunakan daging ayam cincang. Jika ingin lebih praktis bisa menggunakan abon sapi siap pakai, sehingga anda bisa menghilangkan satu tahap pengolahan dari resep ini.

Resep Semar Mendem


Bahan-bahan

Bahan Dadar:

● 4 butir telur ayam
● 50 g tepung terigu
● 75 ml air
● ½ sdt garam

Bahan Ketan:

● 500 g beras ketan
● 500 ml santan dari 1 butir kelapa
● 1 sdt garam
● 2 lembar daun pandan

Bahan Isi:

● 500 gr daging sapi cincang
● 250 ml santan
● 2 cm lengkuas, memarkan
● 2 lembar daun salam
● 1 batang serai, memarkan

Bumbu Halus:

● 8 butir bawang merah
● 4 siung bawang putih
● 1 butir kemiri sangrai
● 1 sdt ketumbar
● ½ sdt garam
● 1 cm asam jawa

Cara membuat

● Kulit: campur tepung terigu dengan air dan garam, aduk rata. Masukkan telur kocok, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Buat dadar tipis dengan dimeter 15 cm.
● Ketan: cuci bersih beras ketan, rendam denga air dingin selama 1 jam. Kukus selama 20 menit. Didihkan santan, campur beras ketan kukus dengan santan mendidih, aduk hingga seluruh santan meresap ke dalam ketan. Kukus kembali selama 30 menit.
● Isi: tumis bumbu halus, masukkan lengkuas, daun salam, dan serai, aduk rata. Masukkan daging cincang, masak hingga santan mengering dan daging cincang matang.
Ambil 2 sdm ketan, pipihkan, beri 1 sdm adonan isi di tengahnya. Gulung ketan, bentuk menjadi persegi panjang. Bungkus ketan isi dengan selembar dadar. Sajikan.

Agar dapat bertahan lebih lama, beberapa orang mengolah lebih lanjut semar mendem yang sudah terbungkus rapi dengan cara memanggangnya sebentar di atas wajan anti lengket tanpa menggunakan minyak goreng. Jika anda menyukai, anda bisa mengikuti proses pematangan lebih lanjut tersebut. Tanpa proses pematangan tersebut, semar mendem dapat bertahan hingga 12 jam di dalam suhu ruangan. Selamat mencoba resep semar mendem kami, semoga anda menyukainya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel