5 MAKANAN KADALUARSA YANG MASIH LAYAK DIKONSUMSI

Hal pertama yang pasti diperhatikan oleh orang-orang saat membeli makanan adalah tanggal kadaluarsa dari makanan itu sendiri. Hal ini bertujuan agar kita tau kapan batas makanan tersebut baik dikonsumsi atau tidak dan kita bisa segera membuang makanan tersebut jika sudah melewati batas kadaluarsanya.



Dikutip dari selipan.com (6/8/17) Tetapi, ternyata tidak semua makanan yang telah melewati batas kadaluarsanya atau basi bisa membuat kita keracunan. Nyatanya ada beberapa makanan yang tetap aman kita konsumsi walaupun sudah kadaluarsa seperti beberapa makanan dibawah ini.

1. Roti

Tandanya roti sudah basi adalah munculnya jamur dipermukaan roti tersebut, biasanya orang akan langsung membuang roti tersebut jika sudah melihat jamur dipermukaannya. Padahal, kita bisa hanya membuang bagian yang terkena jamur sehingga bagian yang belum terkena jamur masih bisa kita konsumsi.

2. Keju

Sama seperti roti, keju juga masih bisa dimakan walaupun bagian luarnya sudah ditumbuhi oleh jamur. Caranya adalah kita hanya memakan bagian dalam keju ini dan menghindari bagian yang terdapat jamurnya. Dengan demikian kita masih bisa menikmati keju tersebut tanpa harus membuang semuanya.

3. Susu

Walaupun akan berasa sedikit asam tetapi susu yang sudah melewati batas kadaluarsanya masih bisa diminum asalkan tidak lewat sampai berminggu-minggu. Tetapi, memang rasa susu tersebut akan berubah menjadi sedikit asam tetapi hal tersebut tidak membahayakan tubuh. Tetapi, sebaiknya jangan gunakan tips ini jika tidak sedang kepepet.

4. Biskuit

Walaupun biskuit sudah melewati batas kadaluarsanya tetapi makanan ini masih layak dikonsumsi hingga dua bulan setelah tanggal kadaluarsanya. Hal ini dikarenakan biskuit dan kue kering agak sulit ditumbuhi jamur sehingga masih aman walaupun sudah lewat batas kadaluarsa yang disarankan oleh pembuatnya.

5. Keripik

Keripik juga merupakan salah satu makanan yang paling tahan lama dan tetap layak dimakan meskipun sudah melewati tanggal kadaluarsanya. Bahkan keripik tetap aman dimakan walaupun sudah lewat 3 minggu batas kadaluarsanya asal keripik tersebut disimpan di tempat yang kelembapan dan suhunya terjaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel