BAHAN MAKANAN PENGGANTI MSG




Untuk memperkuat rasa gurih dalam suatu masakan, umumnya orang menambahkan penyedap rasa berupa micin atau yang lebih dikenal dengan sebutan MSG.
Namun, konsumsi MSG secara berlebihan dapat menimbulkan gangguan pada mata dan otak. Oleh karena itu, ada baiknya MSG diganti dengan bahan lain yang lebih alami dan sehat. Berikut adalah bahan alami yang dapat menggantikan MSG seperti dirangkum dari berbagai sumber:

1. Ikan Teri

Ikan Teri merupakan hasil laut yang memiliki penyedap alami di dalam tubuhnya, dan menghasilkan rasa gurih. Baik ketika diolah ataupun dikombinasikan dengan bahan lain. Jika fungsinya dijadikan sebagai bahan penyedap rasa, biasanya ikan teri terlebih dulu digoreng hingga kering kemudian ditumbuk kasar dan ditambahkan ke dalam bahan utama. Bubuk ikan teri biasanya dicampur besama Keripik Kentang atau sambal.

2. Ebi

Merupakan olahan udang laut berukuran kecil yang sudah dikeringkan. Sebelum ditambahkan ke dalam masakan, biasanya ebi digoreng atau disangrai hingga matang lalu dihaluskan. Bumbu dapur yang juga disebut udang rebon ini umumnya ditambahkan dalam sajian Pempek, Tahu Gejrot dan Talam Ebi.

3. Terasi

Belacan atau terasi merupakan bumbu masakan yang terbuat dari ikan atau udang rebon segar yang difermentasi. Umumnya berbentuk padat dengan tekstur agak kasar serta beraroma tajam, namun rasanya sangat gurih. Dalam dunia kuliner biasanya dijadikan bumbu sebagai bahan pembuat sambal dan berbagai resep masakan tradisional Indonesia seperti Sayur Asem atau Tumis Kacang Panjang.

4. Kaldu

Merupakan hasil ekstraksi dari daging sapi, ayam atau ikan yang direbus di atas api kecil minimal selama dua jam bersama sayuran wortel, daun bawang dan lada butir. Hasil rebusan dapat digunakan sebagai kuah dalam sajian Sop dan Bakso atau bisa dilakukan proses kristalisasi untuk menghasilkan kaldu bubuk. Saat ini telah banyak kaldu bubuk yang ditawarkan di pasaran, akan tetapi telah ditambahkan vetsin sebelumnya.

5. Gula Pasir

Gula merupakan hasil kristalisasi dari cairan tebu dengan warna putih atau cokelat (raw sugar). Gula pasir memiliki rasa manis tebu. Sama seperti garam, gula pasir juga dapat ditambakan ke dalam sajian bercitarasa manis atau asin. Hanya saja dengan takaran berbeda. Dalam beberapa masakan seperti Oseng Tempe, Sate Bandeng dan Cah Kangkung, gula pasir juga dapat membantu menciptakan rasa gurih alami.

6. Jeruk Nipis

Tumbuhan yang memiliki rasa asam ini lebih dikenal sebagai penghilang bau amis. Selain itu ternyata air perasan dari jeruk nipis ini memiliki fungsi sebagai pemberi unsur rasa asam. Dalam dunia kuliner, jeruk nipis juga digunakan sebagai penyedap masakan dan pembangkit aroma seperti dalam olahan Soto Ayam, Sambal Merah, dan Gulai.

7. Santan Kelapa

Adalah cairan putih kental yang dihasilkan dari perasan kelapa parut. Cita rasa lemak yang terkandung di dalam santan dapat menghasilkan sensasi gurih di tiap masakannya. Saat ini di pasaran tersedia juga santan dalam bentuk instan yang lebih praktis dan awet. Beberapa masakan yang memiliki rasa gurih alami karena penggunaan santan antara lain Nasi Uduk, Soto Betawi dan Tongseng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel