CARA MUDAH MELAKUKAN MEDITASI UNTUK SEHATKAN MENTAL

 Berlibur menjadi salah satu cara untuk mengembalikan energi yang terkuras akibat rutinitas pekerjaan yang padat di Ibu Kota. Selain berlibur, ternyata menerapkan kebiasaan yang tepat dapat membantu Anda dalam mengembalikan suasana baik. Bahkan saat kembali ke rutinitas awal. Salah satu kebiasaan yang bisa kita terapkan adalah meditasi.



Meditasi dengan teratur menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan mental dan segala bentuk tekanan yang menimpa Anda dalam kehidupan sehari-hari.
Dilansir dari laman Star2, Senin, 14 Agustus 2017, ada tiga cara yang dapat membantu Anda dalam memulai meditasi, yang mana dapat dilakukan dengan alat peraga yang minimal dan dapat dipraktikkan di mana pun.

1. Melakukan teknik pernapasan yang teliti (Mindful Breathing)

Salah satu cara termudah untuk bermeditasi adalah memfokuskan pikiran Anda kemudian melatih cara bernapas yang baik dan benar.
Benjamin Blasco, salah satu pendiri aplikasi meditasi Prancis Petit Bambou mengutarakan dengan mempraktikkan cara ini selama 10 menit akan menciptakan permulaan yang baik. Dia menyebut, Anda tidak perlu pakaian atau perlengkapan khusus untuk melakukan hal ini. Yang terpenting adalah memfokuskan pada diri sendiri dan pernapasan.
Blasco menambahkan bahwa tidak apa-apa jika Anda sesekali mengalihkan perhatian kembali ke pernapasan sekali, sepuluh kali atau 1.000 kali jika perlu agar pikiran Anda tetap fokus pada saat ini.
Setelah Anda menguasainya, langkah selanjutnya adalah menjadi sadar, atau dari berbagai bagian tubuh Anda yang bersentuhan dengan lantai atau kursi tempat Anda duduk.

2.  Meditasi dengan lilin

Dalam bukunya Yogalosophy For Inner Strength, Mandy Ingber, guru yoga Jennifer Aniston, mengemukakan berbagai cara untuk mencoba meditasi.
Salah satu rekomendasinya adalah meditasi ini yang akan membantu memperkuat fokus Anda. Cukup dengan diterangi lilin, Anda diwajibkan duduk dalam posisi tegak dan nyaman, baik di kursi dengan telapak kaki di lantai, atau di lantai dengan posisi bersila. Ambil beberapa napas dalam-dalam, dan fokuskan pandangan Anda pada nyala lilin.
Cobalah untuk tidak berkedip selama mungkin, dan saat pikiran Anda mulai mengembara cobalah memusatkan perhatian kembali pada nyala lilin. Cobalah lima menit untuk memulai, dan nanti Anda bisa meningkatkan waktu hingga 30 menit.

3. Yoga Nidra

Yoga nidra, kadang-kadang disebut yoga sleep, adalah praktik di mana para yoga menggunakan tahap relaksasi savasana untuk berlatih meditasi. Mulailah dengan berbaring di tempat yang nyaman di savasana, juga dikenal sebagai pose mayat.
Jika Anda berada di kamar hotel, selimut juga bisa digunakan untuk kehangatan ekstra dan bantal untuk menopang kepala Anda dan sebagai penyangga di bawah lutut Anda. Jika Anda mencoba ini di pantai berbaring di handuk Anda, Anda malah bisa menikmati kehangatan sinar matahari. (ase)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel