HATI - HATI,SEBAIKNYA JANGAN TIUP KUE ULANGTAHUN

Perayaan ulang tahun tidak lengkap rasanya jika tidak disertai prosesi tiup lilin. Prosesi tersebut dianggap sebagai sebuah pengawalan terhadap doa-doa agar sampai kepada Tuhan.


Namun, sebuah studi baru-baru ini yang dimuat dalam Journal of Food Research menemukan bahwa meniup lilin menghasilkan 1.400 persen lebih banyak bakteri pada lapisan gula di atas kue daripada yang tidak melakukan prosesi peniupan lilin tersebut.
Dilansir dalam Star2, Kamis 24 Agustus 2017, dalam laporan berjudul Bacterial Transfer Associated with Blowing Out Candles itu disebutkan,  lebih dari 2.000 "partikel lembab" diembuskan saat meniup lilin, masing-masing partikel tersebut cukup besar untuk membawa bakteri dan virus.
Beberapa bakteri yang diidentifikasi dalam penelitian ini meliputi staphylococcus, corynebacterium, haemophilus dan neisseria.
Periset dari Clemson University, di South Carolina, Amerika Serikat membandingkan meniup lilin di atas kue dengan membungkus sebuah kue dengan aluminium foil dan tidak menggunakan aluminium foil.
Sebelum meniup lilin, para periset makan pizza untuk menikmati suasana pesta. "Kami juga ingin mensimulasikan pesta ulang tahun," kata rekan penulis studi Paul Dawson.
Namun, Dawson mengatakan, dia sendiri tidak terlalu terganggu dengan temuan tersebut. "Ini bukan masalah kesehatan yang besar dalam perspektif saya," katanya. (ren)

BACA SUMBER

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel