MANFAAT DAUN DADAP SEREP UNTUK KESEHATAN



Berdasarkan penelitian Rukachaisirikul et al, dari Ramkhamhaeng University, Thailand, sebagaimana dipublikasikan di researchgate.net (Vol 30/11/2007), ternyata Erythrina sp (Dadap Serep) mengandung berbagai zat yang sangat berguna untuk kesehatan. Zat tersebut di antaranya adalah pterocarpans, isoflavon, flavanon dan chalcones. Kandungan zat tersebut menyebabkan dadap mampu menjadi penghambat aktivitas antiplasmodial (anti malaria), antimikobakteri dan aktivitas sitotoksik, alias aktivitas melawan berbagai macam kanker.

Menurut jurnal dari Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) Fakultas Farmasi UGM, sebagaimana dipublikasikan di ccrc.farmasi.ugm.ac.id (retrieved 28/8/2017), daun dadap merupakan obat tradisional yang telah lama terbukti mampu mengobati penyakit gabag, cacar air, frambusia, gatal-gatal, ASI kurang lancar, obat kencing darah atau kencing nanah dan obat beri-beri. Selain itu, berdasarkan penelitian, ternyata tanaman ini juga mampu membunuh sel-sel kanker, karena senyawa ini mampu menghentikan asupan nutrisi untuk sel-sel kanker, sehingga sel-sel kanker pun mati dengan sendirinya.

Adapun penelitian dari Kholida dkk, dari FK Universitas Halu Oleo sebagaimana dipublikasikan di ojs.uho.ac.id (vol 4/10/2016), menyebutkan bahwa ekstrak daun ini ternyata bisa melawan aktivitas bakteri Salmonella typhi yang menyebabkan demam tifoid (thypus).

Cara Mengonsumsi Dadap Serep

Bagaimana cara memanfaatkan tanaman Dadap Serep untuk kesehatan? Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan.

1. Ambillah sekitar 5 lembar daun Dadap Serep yang masih muda, lalu rebuslah dengan dua gelas air. Campurlah dua sendok madu ke rebusan air. Minumlah segelas waktu pagi, dan segelas waktu sore. Cara ini bisa digunakan untuk mengobati demam, diare, cacar air, gabag, batuk-batuk, demam malaria, radang tenggorokan atau gatal-gatal.

2. Kunyahlah daun dadap serep yang masih muda sebagai lalap. Atau jika merasa tidak sreg, bisa dikukus sebentar dan dimakan sebagaimana lalap. Cara ini bisa dipakai untuk menjaga imunitas atau kekebalan tubuh, yakni untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit. Bagi ibu menyusui, mengonsumsi lalap daun dadap juga bisa membuat ASI lebih lancar. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa banyak mengonsumsi daun dadap membuat kulit menjadi lebih halus.

3. Ambil beberapa lembar daun muda, lalu remas-remas atau lumatkan, dan kompreskan ke bagian kepala saat demam.

4. Untuk obat luar seperti koreng, cacar, gatal-gatal, ambillah daun dadap yang masih muda secukupnya, lumatkan, lalu balurkan ke tubuh yang sakit. Cara yang sama juga bisa digunakan untuk mengompres perut saat nyeri haid, diare, mulas, atau saat nifas.

Demikianlah khasiat daun dadap yang luar biasa banyak. Kita bisa tanam pohon ini di sekitar rumah kita. Selain bisa membuat rumah lebih hijau, kita juga memiliki stok obat yang melimpah. Akan tetapi, jangan lupa, meski alam kita menyediakan obat-obatan berupa herba yang sangat banyak, tetaplah berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda.

Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel