MANFAAT KECIPIR BAGI KESEHATAN

Sayur kecipir, apakah Sahabat belum pernah mencicipinya atau belum tau sama sekali? Bicara soal sayur kecipir ketika Husna masih tinggal di kampung halaman sering kali mengkonsumsinya, karena sayur kecipir tak usah beli tinggal memetik saja dipekarangan rumah. Tanaman sayuran hijau ini termasuk tahunan yang merambat ke pohon atau para. Sayur kecipir biasa diolah masyarakat dengan cara ditumis atau dikukus sebagai lalapan, namun untuk Husna sendiri lebih suka diolah urap sayuran. Sebagai penyuka sayur kecipir dari dulu tak pernah mencari tau nilai gizi yang terkandung didalamnya atau efek samping jika konsumsi berlebih. Nah, pada kesempatan kali ini Husna mencoba merangkum dari berbagi sumber, banyak sekali hal yang mengejutkan bagi kesehatan sekiranya Sahabat perlu ketahui, yuk cari tau ulasan siangkatnya.



A. Apakah Kecipir Mengandung Nilai Gizi?


Kecipir yang memiliki nama ilmiah Psophocarpus tetragonolobus adalah sejenis sayuran berwarna hijau, berbentuk panjang dengan rumbai-rumbai di empat sudutnya. Di luar negeri, kecipir disebut winged bean alias buncis bersayap, sedangkan kacang botol atau kacang belimbing sebutan yang familiar di Sumatra.

Dikutip dari Cantik.tempo.co (27/08/16), mengkonsumsi 182 gram kecipir akan memberikan kita asupan 5.242 miligram tembaga; 24,46 miligram zat besi; 6.772 mangan; 1.875 miligram vitamin B1; 47,1 gram serat; 821 miligram fosfor; dan 53,96 miligram protein. Selain itu, kecipir kaya antioksidan dan asam amino. Dalam 182 gram kecipir terkandung 1.387 gram tryptophan, 2,146 gram threonine, 2,672 gram isoleucine, 4,545 gram leucine, dan 3,888 gram lysine.

B. Apa Saja Manpaat Sayur Kecipir Bagi Kesehatan?


Sayur Kecipir Via Tastytravels-holly.blogspot.com
Ada 7 manpaat kecipir bagi kesehatan diantaranya sebagai antioksidan, memperkuat tulang, dapat menjadi obat tetes mata dan telinga, menjadi sumber folat, sebagai obat alami mengatasi bisul, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan kayak akan lemak baik, melansir yang bertajuk “7 manpaat sayur kecipir bagi kesehatan tubuh”, dari Arbamedia.com

a) Sayur kecipir terdapat kandungan tokoferol yang ternyata mampu berperan sebagai antioksidan. Dimana hal demikian sangat baik sekali bagi kesehatan ibu hamil dan menyusui untuk mencegah anemia. Mengkonsumsi sayur kecipir bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap sehat.

b) Kandungan kalsium juga terdapat pada kecipir, sehingga mermanpaat untuk memperkuat kondisi tulang agar bisa lebih kuat. Sehingga dari situlah kecipir juga membantu tubuh untuk menghasilkan energi secra maksimal.

C. Sayur kecipir mampu untuk menjadi obat herbal alami sebagai tetes mata dan telinga. Caranya siapkan sayur kecipir kemudian rebus dengan air secukupnya hingga mendidih, setelah itu diamkan selama beberapa menit hingga dingin, barulah bisa digunakan sebagai obat tetes mata dan telinga.

D. Kandungan folat pada sayur kecipir berfungsi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama pada saat proses kehamilan, Sebab itu membantu mencegah terjadinya cacat tabung saraf pada bayi yang akan lahir nantinya. Fungsi folat itu sendiri menjadi komponen penting untuk sintesisi DNA atau pembelahan sel.


Manpaat lain dari sayur kecipir diantaranya rendah kalori, setiap 100 gram kecipir mengandung sekitar 49 kalori, cocok untuk Sahabat yang sedang menjalani diet, Sahabat bisa menyantap kecipir sebagai menu harian. Selain itu kecipir juga kaya vitamin C yang membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga membantu melawan infeksi, sayur ini juga dapat membantu menjaga elastisitas pembuluh darah dan melindungi tubuh dari kanker. Terakhir kecipir terbukti mengandung banyak mineral penting, seperti zat besi, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium. Sayur ini juga mengandung banyak vitamin A, yang merupakan antioksidan yang kuat, yang bisa mencegah kerusakan DNA dan banyak mengandung vitamin B. Vitamin itu dapat meningkatkan vitalitas, suasana hati, dan energi, seperti yang dilansir dari Merdeka.com (27/05/15).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel