TIPS MERAWAT BATERAI HANDPHONE AGAR AWET DAN TIDAK BOCOR



 Akan menjadi hal yang sangat menjengkelkan ketika baterai ponsel kamu cepat habis, apalagi disaat yang tidak tepat seperti sedang berkomunikasi dengan seseorang yang penting maupun bermain game.
Banyak hal yang dianggap sepele saat mengisi baterai ponsel, hal tersebut akan berdampak buruk pada kualitas baterai ponsel kamu. Lalu bagaimana caranya agar baterai ponsel kamu bisa awet dan tidak bocor? Berikut tipsnya.

1. Selalu Gunakan Charger Asli!

Pertama dan yang paling penting adalah selalu menggunakan charger asli ponsel kamu. Karena voltase dan ampere pada setiap charger ponsel itu berbeda-beda, maka dari itu biasakanlah selalu menggunakan charger bawaan asli agar pengisian daya lebih stabil. Sering memakai charger yang berbeda-beda dapat mempengaruhi kualitas, umur, dan performa baterai ponsel.

2. Lepaskan Pelindung Ponsel

Jika ponselmu memakai pelindung atau casing sebaiknya dilepas saat kamu sedang melakukan pengisian daya. Mengapa harus dilepas? Karena beberapa ponsel saat di-charge mengeluarkan hawa panas yang berlebih, jika casing ponselnya tidak dilepas maka dapat menyebabkan hawa panas pada ponsel kamu tidak terbuang. Maka dari itu biasakanlah juga untuk melepaskan pelindung atau casing ponsel kamu sebelum melakukan pengisian baterai.

3. Jangan Menggunakan Ponsel Ketika Sedang Di-charge

Demi tetap eksis di dunia maya atau sekedar chattingan, beberapa orang tetap nekat menggunakan ponselnya saat sedang dalam keadaan pengisian. Hal ini tentunya dapat memicu berkurangnya kinerja baterai ponsel kalian. Disamping itu, hal ini juga dapat menimbulkan bahaya. Sebaiknya, jangan menggunakan ponsel kalian disaat sedang dalam pengisian daya.

4. Hindari Baterai Agar Tidak Kosong

Jika kalian membiarkan baterai ponsel kosong dalam waktu yang lama, hal ini dapat memperburuk ketahanan baterai tersebut. Sebaliknya, jika kalian terlalu lama dalam melakukan pengisian daya, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan baterai.
Sebaiknya, hindarkan baterai ponsel sampai benar-benar kosong. Lakukan pengisan daya jika presentase baterai ponsel kalian sudah menunjukan angka 15 persen dan lepaskan pengisian daya jika kondisi baterai sudah menunjukkan 100 persen.

5. Isi daya baterai handphone dalam beberapa tahapan.

Untuk menjaga baterai agar tidak “muak” dengan pengisian, maka sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahapan. Misalnya dari 30 persen sampai 60 persen atau dari 45 persen ke 79 persen.


6. Ingat! Kondisi baterai handphone paling baik saat 40 persen.

Pada persentase tersebut kondisi baterai seimbang. Tak terlalu penuh, tak juga kosong. Pada situasi seperti ini, jangan menekan sel baterai dengan pengisian daya. Lebih baik handphone digunakan sehingga persentase baterai menurun pelan-pelan. Setelah, sesaat sebelum kosong maka isilah daya.

7. Jangan tempatkan baterai di suhu panas

Baterai anda akan kehilangan 80 persen ketahanan jika pengguna menaruhnya pada temperatur 60 derajat selama setahun. Pada suhu normal (25 derajat), ketahanan baterai tiap tahunnya juga bakal berkurang secara alamiah sebanyak 20 persen.

8. Jangan tempatkan baterai pada suhu dingin.

Jika ingin menyimpan baterai, pastikan bukan ditempat yang suhunya dingin, seperti kulkas. Karena resikonya akan sama dengan jika di taruh di tempat yang panas.

9. Jangan biarkan baterai kosong dalam jangka waktu lama.

Jika baterai benar-benar kosong, sel baterai akan “tidur”. Jika tidak cepat “dibangunkan”, kemungkinan terburuknya sel tersebut akan kehilangan kemampuan terbaiknya untuk menyerap daya dari alat pengisian baterai. Maka, sat kapasitas baterai menunjukan angka 40 persen, pengguna sudah harus siap-siap melakukan pengisian ulang.

10. Jangan menyangka baterai akan hidup selamanya.

Manusia saja hanya hidup sementara, apalagi baterai smartphone anda. Faktanya, setiap tahun ketahanan baterai bakalan semakin menurun. Walaupun pengguna telah merawatnya dengan benar, ingat bahwa setiap baterai juga memiliki umur.

Jadi jangan berkecil hari ketika baterai anda tidak bisa digunakan lagi. Belilah baterai baru demi kesehatan smartphone anda. Tips yang kami sampaikan diatas hanya untuk membantu merawat dan memperpanjang umur baterai, bukan membuatnya hidup abadi.
Itulah tips mengisi baterai smartphone agar awet dan tahan lama. Jadi, selalu perhatikan kondisi baterai ponsel kamu agar tidak cepat habis karena cara pengisian baterai yang kurang tepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel