WASPADA !! 11 JENIS KANKER DAN GEJALA YANG SERING DI ALAMI PEREMPUAN





Kanker memang penyakit mematikan untuk banyak orang, mereka yang terkena bahkan tidak menyadarinya dan tidak pandang bulu. Usia berapapun bisa terkena serangan kanker. Yang lebih menakutkan, perempuan lebih tinggi persentase terkena kanker dibanding lelaki. Agar kita bisa mengatasi risikonya, maka tidak ada salahnya kita mengenal dan mencegah beberapa gejala yang sering dialami penderita.

1. Kanker Payudara


Kanker payudara, kanker jenis ini adalah salah satu kanker yang paling sering menjangkit pada perempuan walaupun tidak sedikit pria yang juga bisa terserang penyakit ini. Sel kanker yang bertumbuh secara tidak lazim atau abnormal pada organ bagian payudara menjadi penyebab utama, karena sel abnormal tumbul tidak terkendali. Sel yang seharusnya dapat mati menjadi tidak mati bahkan tumbuh sebagai gumpalan sel-sel baru yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel kanker.
Kanker payudara memiliki banyak penyebab yang mendominasi terjadinya kanker, yakni hormonal yang tidak lazim, obesitas, kepadatan payudara, radiasi pada bagian payudara, faktor usia, riwayat keluarga yang pernah menderita hal yang sama, alkohol dan rokok serta faktor lain.
Gejala yang timbul pada kanker payudara adalah biasanya terdapat benjolan di bagian lengan atau ruam pada kulit payudara dalam fase tertentu bahkan puting susu dapat mengeluarkan cairan hingga aerola pada payudara yang bersisik dan berwarna merah. Sangat penting pencegahan dini dapat dilakukan, salah satunya memeriksakan kondisi payudara serta memulai hidup sehat.

2. Kanker Serviks


Kanker yang biasa disebut kanker leher rahim adalah kanker yang paling sulit untuk disembuhkan dan menjadi momok karena telah banyak perempuan yang menderitanya. Kanker ini menjadi pembunuh utama yang menyebabkan perempuan tidak dapat tertolong hingga berujung kematian.
Gejala kanker ini bisa dilihat secara fisik penderitanya, seperti yang terjadi pada artis Julia Perez. Penderitanya memiliki badan yang kurus dan wajah akan pucat. Penderita mengalami keputihan secara terus menerus bersamaan dengan keluarnya darah yang berbau pada bagian intim kewanitaan. Para penderita lebih sering merasakan nyeri pada perut bagian bawah, bengkak yang terjadi pada tungkak kaki serta seringnya pendarahan yang terjadi setiap berhubungan intim dengan pasangan.
Penyebab utama kanker ini terjadi karena seringnya bergonta-ganti pasangan, sering melahirkan, adanya infeksi dari virus HPV, merokok, mengkonsumsi alkohol serta kurangnya kepedulian untuk menjaga kebersihan organ intim kewanitaan.

3. Kanker Ovarium


Kanker ovarium atau sering disebut kanker indung telur merupakan jenis kanker yang terjadi pada bagian ovarium atau organ reproduksi kewanitaan. Kanker ini sulit dideteksi dan cenderung diketahui setelah terjadinya stadium lanjut sehingga menyebabkan kematian.
Gejala yang terjadi pada kanker ini adalah dengan timbulnya ciri fisik perut membesar, hilangnya nafsu makan, perut kembung dan cepat merasa kenyang, penurunanan berat badan dan seringnya muntah-muntah, cepat lelah disertai sering merasa pusing.
Penggunaan pil KB biasanya menjadi penyebab utama, selain itu karena terkena virus hingga seringnya mengkonsumsi makanan berkadar lemak tinggi dan kurangnya berolahraga.

4. Kanker Paru-Paru


Kanker yang paling sering terjadi pada kaum adam ternyata juga banyak terjadi pada kaum hawa. Ini lazim terjadi karena pergaulan perempuan masa kini yang punya gaya hidup minum alkohol dan merokok, sehingga memicu terjadinya kanker paru-paru. Hal ini terjadi karena paparan asap rokok yang masuk pada organ paru-paru yang menimbulkan pertumbuhan sel abnormal pada paru-paru.
Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit jenis ini adalah batuk terus-menerus, dahak yang disertai darah, sakit kepala, kelelahan, nafsu makan hilang dan berat badan turun serta adanya bengkak yang terjadi pada wajah atau leher.

5. Kanker Usus Besar

Kanker kolon sebutan lain dari kanker usus besar adalah kanker selanjutnya yang sering terjangkit pada perempuan. Kanker ini biasa terjadi pada perempuan di usia 40 tahun ke atas. Kurangnya asupan makanan yang mengandung serat seperti sayur dan buah-buahan menjadi faktor utama timbulnya kanker usus besar. Pada kanker ini, timbulnya penyakit sering diketahui setelah adanya pendarahan pada rektum, adanya darah pada tinja, lemah, pucat dan kurus.

6. Kanker Endometrium


Kanker lain yang menyerang rahim adalah kanker endometrium. Dari studi yang dilakukan, diketahui bahwa penyakit kanker ini terjadi karena adanya perubahan hormonal. Penderita dengan riwayat diabetes, memiliki penyakit hipertensi atau kelebihan berat badan lebih sering terkena kanker jenis ini. Gejala umum yang terjadi pada kanker jenis ini adalah sakit pada bagian panggul, dan seringnya merasa kelelahan saat beraktivitas. Perempuan yang telah menopause yang sering mengalami pendarahan serta sakit saat berhubungan seksual lebih rentan terkena penyakit ini.


7. Kanker Kulit


Perempuan memiliki sensitivitas pada kanker yang lebih berbahaya, terlebih dengan adanya virus-virus yang dapat menyebabkan kanker pada kulit. Faktor genetika, kandungan kimia dan juga paparan sinar matahari bisa menjadi faktor utama terjadinya kanker ini. Utamanya pada perempuan yang sering menggunkan makeup atau menjalani perawatan tertentu pada kulit karena menggunkan zat-zat kimia pada treatment-nya. Umumnya kanker kulit terjadi karena perawatan yang salah pada wajah dan kurangnya pengetahuan dari ahlinya.


8. Kanker Vagina


Kanker vagina adalah kanker yang terjadi pada seseorang yang berusia lanjut atau memasuki masa menopause dan merupakan kanker yang paling sering terjadi pada perempuan di fase tersebut. Penyebabnya tentu saja tidak merawat organ intim kewanitaan dengan baik, kebiasaan merokok dan bergonta-ganti pasangan.

Gejalanya berupa benjolan pada vagina, sekresi cairan pada vagina, terasa nyeri pada bagian rektrum saat berkemih dan timbulnya pendarahan pada organ intim. Untuk mengatasi kanker vagina biasanya dokter melakukan kemoterapi dan radioterapi atau hal yang paling ekstrem adalah mengangkat leher rahim.

9. Kista Tumor Jinak

Kista merupakan jenis tumor yang sering terjadi pada perempuan, terutama pada masa reproduksi. Kista sering terjadi pada bagian ovarium atau indung telur namun sifatnya jinak jika diketahui sejak dini, jika tidak segera terdeteksi kista dapat berpotensi menjadi faktor utama terjadinya kanker ovarium. Kista dapat diangkat dan dilakukan pembedahan untuk menangulanginya.


10. Miom Perempuan Hamil

Miom atau daging tumbuh dalam otot rahim yang terbungkus merupakan tumor jinak yang menyerang perempuan. Pada saat hamil miom tidak boleh diangkat karena dapat menyebabkan keguguran. Miom uretri sangat menggangu fase kehamilan yang dialami perempuan jika tidak segera ditanggulangi. Miom dapat diangkat tanpa proses pembedahan.

Gejala yang timbul pada miom biasanya berupa pendarahan di luar masa menstruasi, sulit hamil dan adanya benjolan pada bagian perut dan nyeri hebat yang dirasakan pada masa menstruasi.

11. Kanker Vulva

Kanker vulva adalah kanker yang terjadi pada bagian luar sistem reproduksi kewanitaan. Hampir 3-4 persen kanker pada sitem reproduksi perempuan yang merupakan kanker vulva dan biasa terjadi setelah menopause. Gejalanya berupa benjolan dan penebalan kulit di bagian vulva dan terkadang disertai dengan gatal-gatal, luka terbuka pada lubang vagina. Kanker ini dapat dicegah dengan vaksinasi HPV, tidak melakukan seks bebas, tidak melakukan seks di usia muda, dan tidak merokok.


Nah itu tadi jenis-jenis kanker yang harus diwaspadai oleh para perempuan. Semoga bermanfaat, RulaWoman!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel