APA ITU SELULIT,FAKTOR YANG MENYEBABKAN SELULIT,DAN CARA MENGATASINYA

Tidak hanya kamu yang berbadan gemuk saja yang bisa memiliki selulit, tapi begitu juga dengan kamu yang berbadan ramping.
Apa itu Selulit dan Bagaimana Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami? - Banyak sekali orang yang mengalami selulit, tapi mereka tidak bisa membedakannya dengan stretch mark. Padahal selulit dan stretch mark adalah 2 kondisi yang berbeda. Penanganannya pun juga berbeda. Nah, daripada kita salah kaprah terus tentang selulit, maka sebaiknya kita menyimak ulasan mengenai apa itu selulit dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini.




Apa itu selulit?

Selulit adalah “penambahan” kulit yang biasa dideskripsikan mirip dengan kulit jeruk. Selulit biasanya muncul di paha, bokong, atau kadang-kadang muncul di bagian perut bawah pada wanita sehat. Mayoritas selulit ini dialami oleh wanita. Bahkan 90-98% kasus selulit dialami oleh wanita daripada pria.

Lalu, bagaimana sebenarnya selulit ini bisa terbentuk? Ternyata selulit berasal dari timbunan lemak, air, dan material lain.  Lemak yang tersimpan dalam tubuh biasanya berada di sel-sel dekat dengan permukaan kulitt.

Pola lemak yang tersimpan di tubuh ini ternyata juga dipengaruhi oleh hormon seksual. Pada pria, tubuh mereka bisa mendistribusikan atau menyimpan lemak secara lebih teratur.  Tapi, ternyata tubuh wanita, lemak ini tersimpan hanya pada bagian-bagian tertentu tubuh seperti paha, perut, atau pantat.

Selulit dalam Dunia Medis

Untuk lebih menambah pemahanan kita mengenai bagaimana bisa muncul selulit di tubuh, sebaiknya kita memperhatikan juga penjelasan medis dari selulit ini. Hal pertama yang wajib dipahami adalah struktur kulit manusia.

Kulit biasanya terdiri dari beberapa lapisan mulai dari yang paling luar disebut lapisan epidermis, kemudian lapisan di bawahnya disebut dermis. Pada lapisan dermis ini ada berbagai struktur folikel rambut, kelenjar keringat, pembuluh darah, reseptor syaraf, serta jaringan konektif.

Lapisan di bawahnya adalah 3 lapis jaringan lemak sukbutan. Lapisan teratas jaringan lemak ini bagaikan sebuah ruangan sel lemak yang berdiri sendiri dan dipisahkan oleh lorong-lorong jaringan penyambung.

Dari ruang-ruang sel lemak inilah kemudian muncul tonjolan-tonjolan kecil sel lemak ke bagian lapisan dermis kulit. Tonjolan lemak ini akan terlihat berkelompok dan tidak rata, memberikan kesan bergelombang pada kulit dan kita biasanya menyebutnya sebagai selulit.

Dalam dunia medis ada 2 jenis selulit yaitu :

1. Jenis pertama adalah selulit yang muncul jika Anda mencubi atau menekan jaringan kulit pada bagian paha, bokong, atau perut. Misalnya saja jika Anda melihat bekas gambaran matras saat menyilangkan kaki. Selulit jenis ini sangat umum ditemui pada tubuh wanita dalam berbagai kalangan umur.

2. Selulit jenis kedua adalah munculnya gambaran seperti matras ataukulit jeruk yang tampak saat Anda sedang berdiri atau berbaring. Selulit jenis kedua inilah yang dalam dunia medis disebut sebagai selulit yang sebenarnya.

Selulit sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
● Ketegangan,
●  kelelahan,
●  merokok,
●  kurang olahraga,
●  minuman beralkohol,
●  serta konsumsi obat-obatan tertentu bisa memicu timbulnya selulit pada tubuh Anda.

 Faktor-faktor di atas bisa menyebabkan hambatan dalam pembuangan zat yang tidak terpakai dalam tubuh, sehingga akirnya tersimpan dalam jaringan-jaringan lemak. Jika timbunan ini semakin banyak, maka akan muncul tonjolan-tonjolan di kulit yang merupakan selulit.

■  Fakta-Fakta Mengenai Selulit

Selama ini ada anggapan yang keliru mengenai selulit. Biasanya orang beranggapan bahwa selulit hanya bisa dialami oleh wanita gemuk. Padahal, ada beberapa fakta mengejutkan tentang selulit seperti :

Selulit sebenarnya justru sangat mungkin dialami oleh wanita yang bertubuh kurus. Kenapa? Karena umumnya selulit disebabkan oleh kelainan struktur lapisan bawah kulit. Namun, wanita yang gemuk cenderung lebih rentan terhadap selulit karena adanya penumpukan lemak di bawah permukaan kulit. Sementara wanita yang kurus atau berotot, mereka justru kurang memiliki resiko selulit.
Proses penuaan pada tubuh wanita menyebabkan selulit mulai muncul. Umunya proses penebalan lapisan epidermis pada wanita maksimal terjadi hingga umur 30 tahun. Setelah itu, area dermis yang dihubungkan oleh jaringan akan mengalami pengendoran. Akibatnya, akan lebih banyak sel-sel adiposa yang menonjol ke lapisan kulit atas.
Perubahan hormonal selama masa pubertas wanita ternyata memilikipengaruh terhadap kemunculan selulit. Pada wanita muda walaupun mereka gemuk, tappi jarang sekali dijumpai selulit pada tubuh mereka.
Wanita gemuk yang kemudian berhasil menurunkan berat badannya secara ekstrim pun masih akan tetap memiliki selulit. Karena ruang penyimpanan lemak di bagian bawah apisan kulit tidak akan mengecil walaupun berat badan wanita tersebut berkurang. Oleh karena itu, para pakar kesehatan menganjurkan penurunan berat badan yang bertahap dan tidak berlebihan.

■  Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami

Walaupun di luaran sana sudah ada salep yang khusus bisa mengobati selulit, tapi alangkah lebih baiknya Anda mengatasi selulit ini dengan bahan-bahan yang alami. Selain tentunya lebih aman, bahan-bahan alami juga bisa Anda temukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi selulit seperti :

1. Lemon

Lemon memang sudah sangat terkenal sebagai suatu bahan yang bisa mengobati berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, kulit kusam, hingga agen pencerah alami. Ternyata lemon selain bermanfaat untuk kecantikan seperti di atas, juga bisa digunakan untuk mengatasi selulit.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan buah lemon yang kulitnya masih berwarna hijau. Kemudian belah lemon menjadi 2. Oleskan lemon pada bagian tubuh yang memiliki selulit seperti paha, bokong, atau perut. Tunggu hingga cairan lemon mengering, kemudian bersihkan dengan lap yang telah dicelup air hangat. Untuk hasil maksimal, Anda harus melakukannya secara teratur.

2. Minyak Zaitun

Gunakanlah minyak zaitun murni untuk mengatasi selulit. Caranya Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun pada bagian tubuh yang ada selulitnya. Diamkan hingga meresap kemudian bilas dengan air hangat. Minyak zaitun memang memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kulit Anda.

3. Madu Asli

Madu asli memang banyak sekali khasiatnya baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Kandungan zat dalam madu bisa mengatasi masalah seperti inflamasi hingga mencerahkan kulit. Madu pun ternyata bisa digunakan untuk mengatasi selulit.

Anda cukup menyiapkan beberapa sendok madu asli. Kemudian oleskan pada bagian-bagian kulit yang ada selulitnya. Diamkan beberapa saat agar madu meresap di kulit (sekitar 30 menit). Kemudian Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

4. Kopi

Buatlah pasta dari campuran kopi bubuk murni dengan tambahan air panas. Kemudian oleskan pasta kopi ini ke bagian kulit yang ada selulitnya. Diamkan sekitar 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

5. Olahraga

Olahraga teeratur akan membuat timbunan-timbunan lemak di tubuh kita terbakar dan bisa dikeluarkan dari tubuh. Olahraga yang paling cocok untuk mengatasi selulit adalah jogging. Olahraga lari ii bisa membakar lemak dan kalori dengan sangat efektif.

6. Diet Sehat

Selulit bisa disebabkan oleh pola konsumsi makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu diet sehat dengan bantuan makanan yang kaya seratdan juga seimbang bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi selulit. Selain bisa menyembuhkan selulit, tentunya diet sehat ini bisa juga memperbaiki kondisi tubuh dari racun-racun yang berasal dari fastfood ataupun junkfood.

Lalu apa sih penyebab selulit muncul untuk wanita yang memiliki badan ramping?
Berikut penjelasannya dikutip Grid.ID dari Thehealthsite

1. Tidak Cukup Minum Air

Air menghilangkan racun dari tubuh kamu dan membersihkan sistem limfatik.
Jika kamu tidak cukup minum air putih, racun terjebak dalam tubuh dan menyebabkan selulit.

2. Minum Pil Kontrasepsi

Jika kamu terus-menerus memakai pil kontrasepsi,ini berarti bahwa kamu akan memiliki kadar estrogen lebih tinggi di tubuh dan pada akhirnya akan menyebabkan selulit.

3. Mengenakan Pakian Ketat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic and Laser Therapy menunjukkan bahwa mengenakan pakaian ketat juga membatasi aliran darah yang akhirnya menyebabkan selulit.

4. Asupan Kafein yang Berlebihan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menyatakan bahwa kandungan kafein yang berlebihan dalam tubuh bisa menyebabkan selulit di area paha dan pinggul.

5. Gaya Hidup yang Tidak Bersemangat

Jika kamu malas untuk bergerak dan lebih memilih untuk duduk dan tiduran sirkulasi darah akan tersumbat dan menyebabkan selulit terutama pada tubuh bagian bawah.

Itulah fakta,penyebab dan cara untuk mengatasi selulit dengan bahan-bahan alami yang mudah sekali diterapkan. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel