SERING KENTUT?MUNGKIN ANDA MENDERITA PENYAKIT INI

Kentut dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang alami dan sah-sah saja kalau setiap orang kentut, meski memang kalau ketahuan di muka umum pasti memalukan karena dinilai tak sopan. Faktanya, kentut sendiri adalah suatu hal yang menjadi tanda bahwa usus kita sehat dan sistem pencernaan berfungsi normal. Diketahui bahwa pembentukan gas kentut terdiri dari 2 cara, yaitu:
● Nitrogen dan oksigen yang masuk ke dalam perut saat kita makan dan minum akan otomatis berkumpul pada bagian saluran pencernaan.
● Metana beserta dengan karbondioksida dan gas hidrogen hasil dari pencernaan makanan bakal berkumpul pada bagian saluran pencernaan yang kemudian mendukung pembentukan gas kentut.
Buang angin adalah istilah lain dari kentut dan ini sebenarnya sebuah hal yang menandakan bahwa kita dalam keadaan sehat, tapi kalau hanya terjadi sekitar 15-20 kali setiap harinya. Apabila terlalu sering kentut, maka tentu saja ini bukan hal yang dianggap baik lagi. Lebih dari angka tersebut, kentut akan dianggap tak normal dan sebaiknya Yuk kenali penyebab dan bahayanya jika kentut terlalu sering dari jumlah normalnya.

1. Intoleransi Laktosa
Intoleransi laktosa merupakan kondisi di mana laktase atau enzim pencerna laktosa sedang tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, tubuh nggak bisa mencerna susu atau makanan berbahan dasar serupa. Sehingga, bakteri usus akan bekerja ekstra keras untuk fermentasi yang menghasilkan gas.
2. Sindrom iritasi pada usus
Sindrom iritasi usus menjadi sebab perut terlalu sering kembung. Akibatnya, kamu akan sering buang gas dalam kurun waktu yang cukup sering dalam sehari. Hal ini disebabkan perut lebih banyak terisi udara dibanding dengan makanan. Sehingga perut kamu akan terlihat lebih buncit.
3. Intoleransi gluten
Intoleransi gluten adalah kondisi ketidakmampuan dalam mencerna gluten. Hal ini disebabkan sistem pencernaan yang tidak mampu dalam memecah protein. Sehingga, gas berlebih tercipta dan keluar dalam bentuk gas sisa.
4. Menderita maag
Penderita maag akan merasakan perut kembung karena banyaknya udara yang masuk dan kentut adalah reaksi awal saat maag menyerang tubuh.
5. Konstipasi atau sembelit
Konstipasi atau sembelit membuat gas ‘terperangkap’ dalam perut. Namun gas tetap mencari cara keluar dalam bentuk kentut, dan biasanya bau yang dihasilkan akan sangat menyengat.
6. Indikasi kanker
Awas, sering kentut juga bisa menjadi indikasi kanker perut, kanker usus besar, dan kanker lambung. Gejala yang terlihat, kamu akan kentut secara terus menerus. Ada baiknya juga kalau kamu konsultasi ke dokter untuk melakukan pengobatan sedini mungkin.
7. Indikasi anoreksia
Seseorang yang mengalami masalah anoreksia, akan sering kentut dengan intensitas yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena tidak adanya makanan yang mengisi perut, sehingga usus makin lama mengecil. Hal ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki gangguan makan atau yang sedang melakukan diet ketat.
Nah, dari tanda-tanda kentut di atas, apakah salah satunya sering kamu alami? Coba cek perutmu, jika sampai kembung segeralah untuk konsultasi ke dokter ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel