JENIS GATAL-GATAL PADA BAYI DAN CARABMENGATASINYA




Jika Anda memiliki anak ataupun saudara yang masih bayi atau balita pastinya Anda pernah mendapatinya mengalami gatal-gatal baik pada bagian wajah, mata, tangan, kulit dan juga kaki. Seperti yang Anda ketahui gatal yang terjadi pada bayi akan membuat bayi secara refleks untuk menggarukknya. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus rasa gatal bukannya akan membaik tetapi akan menimbulkan masalah yang lain seperti iritasi pada kulit.



Ada beberapa hal yang menyebabkan kulit gatal pada bayi yaitu gigitan serangga, virus, bakteri, jamur ataupun iritasi karena popok ataupun pakaian tertentu. Jika si kecil sedang mengalami hal ini, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini.

Cara jitu mengatasi gatal-gatal pada bayi

● Gatal karena bakteri dan virus

Gatal yang disebabkan karena bakteri dan virus biasanya disertai dengan demam. Penyakit kulit gatal yang disebabkan oleh bakteri adalah impetigo atau cacar api. Jika seorang bayi terkena penyakit ini Anda dapat memberinya antibiotik yang dijual di pasaran. Saat terkena penyakit ini kebersihan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Sedangkan jika gatal karena virus adalah herpes dan cacar air. Penyakit ini tidak memerlukan antibiotik namun memerlukan perawatan yang intensif pula.

● Biang keringat

Cara mengatasi gatal-gatal pada bayi selanjutnya adalah mengetahui biang keringat. Biang keringat atau yang biasa disebut dengan milliaria adalah suatu kondisi di mana tertutupnya pori-pori keringat. Sehingga hal ini akan menyebabkan penumpukan keringat di dalam kulit. Biang keringat biasanya ditandai dengan adanya bintik-bintik merah yang menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal yang disebabkan biasanya juga akan menimbulkan rasa panas seperti terbakar. Untuk mengatasinya adalah Anda dapat memberikan bedak talk ataupun tepung kanji untuk menghilangkan sumbatan keringat.

3. Gatal karena biduran atau kaligata

Selanjutnya adalah gatal-gatal yang disebabkan karena biduran atau kaligata. Gatal-gatal ini biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu seperti susu formula atau seafood. Hal ini mengakibatkan sistem imun tubuh si kecil menjadi hypersensitive yang menyebabkan munculnya bentol-bentol pada kulit yang gatal. Saat si kecil mengalami hal ini, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan madu hitam, jintan hitam, madu ataupun sari kurma.

4.Gatal karena gigitan serangga

Selain itu, gatal-gatal yang yang diderita bayi juga dapat disebabkan karena gigitan serangga seperti nyamuk ataupun semut. Cara mengatasinya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan bahan alami pada kulit yang terkena gigitan serangga. Bahan alami tersebut adalah minyak kelapa, minyak goreng (baru bukan jelantah), minyak telon ataupun minyak kayu putih yang dicampurkan dengan sedikit garam.

Nah itulah beberapa jenis gatal pada bayi  dan cara mengatasinya. Selain itu, Anda juga harus mencuci baju si kecil hingga benar-benar bersih dan kering dengan menggunakan detergen khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel