MANFAAT BUAH KELENGKENG UNTUK KESEHATAN

Tidak diragukan lagi bahwa buah kelengkeng merupakan salah satu buah primadona masyarakat Indonesia. Hal tersebut disebabkan buah mungil ini memiliki rasa yang manis serta khas. Selain itu buah yang berasal dari negeri Tirai Bambu ini dipercaya memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita. Sebelum kita membicara tentang manfaat buah ini alangkah baiknya kita mengenal dulu nutrisi yang terkandung di dalamnya.



Buah kelengkeng memiliki beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut ini beberapa nutrisi baik yang terdapat di setiap butir buah kelengkeng; berbagai macam vitamin karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, seng, fosfor, potasium dan magnesium. Selain itu buah kelengkeng juga mengandung asam tanikdan fitokimia yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka jangan ragu-ragu lagi untuk melahap buah mungil ini. Setelah kita mengenal nutrisi yang terkandung di dalam buah kelengkeng, mari kita lanjutkan membahas manfaat buah kelengkeng tersebut.

Kenapa kelengkeng bisa kaya dengan khasiat bagi kesehatan? Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Ada beberapa nutrisi yang sangat penting yang terdapat pada buah yang kecil bulat seperti kelereng ini, seperti: vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng, magnesium dan juga asam tartik selain itu terdapat senyawa lainnya yaitu fitokimia dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sangat banyak sekali bukan? Makanya selalu stok buah ini di rumah anda. Oke langsung saja, kita bahas apa saja manfaat kelengkeng bagi kesehatan anda.
Khasiat Buah Kelengkeng



1. Anti-depresan

Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

2. Membantu kerja jantung dan limpa

Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

3. Mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup

Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.  Kelengkeng juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe kanker.

4. Melancarkan sirkulasi darah

Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

5. Diet

Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

6. Sumber energi

Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

7. Mencegah Demam dan Flu

Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

8. Kesehatan kulit

Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

9. Biji kelengkeng dapat mengobati gigitan ular

Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

10. Biji Kelengkeng menjaga kesehatan rambut

Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.

11. Mengatasi nafsu makan hilang, limpah lemah dan diare

Makanlah 60 gram buah lengkeng segar, lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam.

12. Luka bakar

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak tung (Aleuritis fordii). Bubuhkan pada bagian yg terbakar.

13. Luka luar yang tak kunjung sembuh

Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan  minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka.

14. Mengatasi Jari kaki gatal dan bernanah

Ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, sebarkan di bagian yang sakit.

15. Amnesia, Penurunan Mental, Kecemasan (anxiety)

“Tonik lengkeng” (gui yan gao): 500 gram buah lengkeng segar dan 500 gram gula pasir, didihkan dalam airhingga menjadi kental. Diminum tiap hari satu sendok.
Badan lemah atau memperbaiki barat badan setelah sakit
Konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari.

16. Lemah dan kurang tenaga saat hamil


Minumlah setiap hari satu sendok “tonik lengkeng” pada pagi dan malam hari.

17. Menyehatkan Usus

Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan,

18. Melancarkan Berbagai Penyakit


melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.

19. Peluruh Kencing dan Sirkulasi Darah

Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah.

20. Antiradang dan Peredam Demam

Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam.

21. Menghilangkan Rasa Sakit dan Menghentikan Pendarahan

Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan.

22. Memperkuat tulang

Sebuah penelitian yang diterbitkan di tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan jika wanita menopause yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami risiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia mereka. Idealnya, orang dewasa harus memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak 900 mikrogram setiap hari.

Oleh karena itu orang dewasa disarankan mengonsumsi buah kelengkeng segar sekitar 3,5 ons per hari yang mana mengandung 807 mikrogram mineral. Artinya, mengonsumsi buah kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hampir 90 persen dari angka kecukupan gizi per hari.

23. Baik untuk mata

Riboflavin merupakan jenis vitamin penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Seorang pria perlu asupan 1,3 mg vitamin ini setiap hari, sementara perempuan 1,1 mg. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Archives of Ophthalmology”, tidak mengkonsumsi riboflavin dalam jumlah yang memadai dapat meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak. Sedangkan dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng kering bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38 persen untuk pria dan 45 persen untuk wanita berdasarkan angka kecukupan gizi per hari.

24. Manfaat untuk kecantikan dan performa seksual

Mengonsumsi buah kelengkeng bisa membuat kulit lebih bersinar dan manis. Bahkan bagi masyarakat Tiongkok, mengonsumsi kelengkeng tidak hanya baik untuk kulit, namun juga bisa digunakan sebagai obat kuat agar tahan dalam berhubungan seksual. Buah kelengkeng juga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi wanita Tiongkok karena tidak hanya memberikan manfaat bagi kecantikan namun juga bermanfaat untuk kepuasaan seksual – sudah menjadi tradisi turun temurun selama 2000 tahun lalu.

Itulah beberapa manfaat dari buah kelengkeng.semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel