RESEP KUE BAKPIA PATHOK

 Resep Kue bakpia ini merupakan salah satu ikon kuliner spesial dari kota Jogjakarta. Selain gudeg, kue satu ini memang menjadi incaran dan oleh-oleh wajib buat wisatawan yang berkunjung ke kota pelajar tersebut. Ciri khas yang disukai dari tekstur bakpia ini adalah rasanya yang renyah di kulit bakpianya dan lembut di bagian dalam. Ada banyak variasi rasa dan merek bakpia terkenal. Untuk rasa, kita bisa membeli bakpia kacang hijau (paling terkenal), coklat, durian, keju, susu dan masih banyak lainnya. Untuk merek, ada beberapa macam yang banyak diburu wisatawan, seperti bakpia kurnia, bakpia pathok 75, 25 dan lainnya. Selain bahan isiannya, untuk membuat kue bakpia yang enak dan renyah tergantung pada kulit pia nya juga. Nah kali ini, kita akan berikan tips khusus cara membuat bakpia beserta resep kulit bakpia lembut yang renyah dan enak.




Ada banyak sekali penjual resep kue bakpia yang bisa kita dengan mudah ditemukan di kota keraton ini. Mulai dari toko besar khusus oleh-oleh sampai penjual di pinggir jalan. Sebut saja bakpia pathok 75, 25, 15, resep bakpia kurnia dan lainnya.  Harga bakpia ini sendiri beraneka macam. Mulai dari yang murah sampai yang lumayan bisa kita dapatkan dengan mudah. Biasanya yang lembut dan renyah kue nya harganya sedikit lebih mahal daripada yang banyak dijual di pinggiran Malioboro. Bahkan ada kampung khusus penjual kue ini sebagai salah satu objek wisata di sekitar jalan Malioboro. Sehingga kita bisa secara langsung melihat bagaimana cara membuat bakpia dan kulit nya yang empuk dan renyah. Kalau beruntung bahkan kita bisa mendapapatkan bocoran resep bakpia pathok Jogja langsung dari pembuatnya.

Seperti juga resep kue tradisional lainnya dari berbagai daerah di negara kita, resep bakpia lengkap dengap kulit bakpia ini merupkan hasil proses asimilasi kebudayaan. Resep kua bakpia ini sebenarnya berasal dari resep dari daerah Cina, yaitu bak dan pia yang artinya dalah kue daging. Memang pada mulanya, kue satu ini terbuat dari kulit bakpia yang berisi daging babi. Karena mayoritas warna kota gudeg tersebut adalah muslim dan haram untuk mengkonsumsi daging babi. Maka sampai saat ini isiannya dirubah menjadi aneka rasa, seperti bakpia pathok kacang hijau, bakpia coklat, susu dan masih banyak variasi lainnya. Selain itu kulit bakpia nya juga sedikit berubah komposisi bahannya sehingga lebih renyah dan empuk.

Untuk membuat kue bakpia pathok yang empuk dan renyah, hal yang harus diperhatikan adalah resep kulit bakpia nya. Takaran bahan untuk membuat adonan kulit bakpia nya harus pas ukurannya. Kulit bakpia yang juga harus terbuat dari 2 adonan sehingga renyah dan empuk tetapi tidak hancur. Pasti banyak diantara kita yang pernah membeli kue tradisional khas Jogja ini sedikit kecewa karena kulitnya rapuh dan mudah pecah saat dipegang. Hal ini memang sering terjadi saat kita membeli atau membuat resep bakpia pathok Jogja ini sendiri di rumah. Adonan resep kulit bakpia haru langsung dicampur dengan bahan isiannya. Jangan didiamkan terlalu lama atau sampai 1 hari karena nanti akan kering dan keras kulit bakpia nya.

Untuk tips cara membuat bakpia pathok lainnya supaya lembut dan empuk lainnya adalah saat selesai proses memanggangnya. Setelah selesai dimasak di oven, harus langsung ditaruh di tempat atau wadah yang tertutup rapat. Teman-teman tidak usah khawatir, hal inilah yang membuat kulit luar resep bakpia pathok yang kita buat nanti lembut dan empuk rasanya. Untuk adonan isi resep bakpia nya sendiri bisa dipilih menggunakan kumbu kacang hijau, isi coklat, durian atau rasa kesukaan lainnya. Yang sudah tidak sabar, bahan dan resep kue bakpia pathok khas Jogja ada dibawah ya.


Bahan Adonan Untuk Resep Bakpia Pathok Khas Jogja Isi Kumbu Kacang Hijau, Coklat dan Keju
Bahan Adonan Kulit Bakpia Pertama

● 125 gram tepung terigu yang mengandung protein sedang yang sudah diayak halus.
● 65 gram Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein tinggi yang sudah diayak halus.
● 0.5 sendok kecil Garam dapur beryodium atau sesuai selera.
● 100 ml Air matang.
● 2 sendok makan gula pasir putih atau sesuai selera.
● 150 ml minyak sayur baru untuk merendam.
● 50 ml minyak sayur baru,untuk bahan campuran adonan kulit bakpianya.

Bahan Adonan Kedua Untuk Resep Kulit Bakpia Pathok

● 65 gram tepung terigu yang berprotein sedang.
● 0.5 sendok margarine kualitas bagus.
● 25 ml minyak sayur.

Bahan Untuk Membuat Bakpia Isi Kumbu Kacang Hijau

● 75 gram kacang hijau kupas. Bisa juga menggunakan kacang hijau biasa kalau tidak ada. Supaya lebih lembut rendam dahulu sebelum digunakan kurang lebih selama 1 jam.
● 10 gram gula merah.
● 30 gram gula pasir atau sesuai selera.
● 1 lembar daun pandan untuk aromanya.
● 1 sendok makan minyak sayur.

Bahan Untuk Membuat Isian Bakpia Coklat dan Bakpia Keju

● 10 gram Coklat halus atau bubuk.
● 30 gram Keju kualitas bagus yang sudah diparut halus.
● 100 gram tepung terigu yang mengandung protein sedang. Ayak tepung kemudian sangrai tepung terigunya kurang lebih 5 menit saja.
● 125 gram gula pastor atau gula halus.
● 3 sendok makan air dingin atau air kulkas secukupnya.
● 50 gram margarin kualitas bagus.
● 25 gram Susu bubuk (merek terserah).




Cara membuat bakpia khas jogja

● Langkah pertama kita akan buat adonan kulit bakpia yang pertama dahulu ya.
● Siapkan panci dan rebus air kurang lebih 100 ml saja sampai mendidih.
● Setelah itu masukkan gula pasir putih kedalam panci dan aduk sampai gula larut sempurna dengan airnya kemudian sisihkan.
● Ambil wadah dan tuang tepung terigu dan garam dapur nya kemudian aduk-aduk sampai rata.
● Masukkan air gula yang sudah dicampur diatas kedalam wadah adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai semua bagian rata. Menuang air gula menunggu dingin supaya nanti tidak bantet kue bakpianya karena terlalu matang.
● Tuang minyak sayurnya sedikit demi sedikit kemudian aduk-aduk kembali dengan tangan atau diuleni sampai kalis. Kalau ternyata sudah kalis dan minyak masih ada, minyak tidak perlu dimasukkan kembali.
● Bagi adonan resep kulit bakpia diatas menjadi beberapa bagian dan bulatkan lalu sisihkan.
● Selanjutnya kita buat adonan kulit pia yang kedua.
● Ambil wadah baru dan masukkan semua bahan kedua kemudian aduk-aduk sampai benar-benar rata.
● Bagi dan bentuk bulatan adonan kedua sejumlah adonan pertama.
● Ambil adonan kulit bakpia yang pertama kemudian gepengkan dan pipihkan dengan cara digiling dengan botol atau rollong pin.
● Ambil 1 bagian adonan kulit 2 dan kemudian letakkan diatas adonan kulit 1 yang sudah dipipihkan diatas kemudian pipihkan lagi.
● Lipat 2 lapisan adonan tadi seperti amplop dengan rapi dan rekatkan bagian ujungnya kemudian bulatkan lagi dengan rapi (supaya renyah dan ada 2 lapisan kulit lumpia). Ulangi sampai habis.
● Masukkan adonan 2 lapis diatas kedalam minyak goreng baru kemudian rendam selama kurang lebih 15 menit kemudian tiriskan minyaknya. Jangan terlalu lama merendamnya ya, supaya nanti tidak terlalu rapuh kulit pia nya.
● Sambil menunggu adonan direndam minyak, kita buat isi bakpianya coklat, keju dan kumbu kacang hijaunya.
● Pertama kita buat kumbu kacang hijaunya. Rebus kacang hijau yang sudah direndam hingga empuk dan matang.
● Setelah matang haluskan kacang hijau rebus diatas sampai halus.
● Masukkan garam dapur beryodium, daun pandan, minyak dan gulanya kemudian masak lagi sampai diaduk-aduk sampai semua bahan kalis. Tunggu sampai agak dingin kemudian bulatkan untuk isian resep bakpia pathoknya.
● Selanjutnya kita buat isi bakpia coklat dan kejunya.
● Ambil wadah dan masukkan tepung terigu sangrai bersama dengan gula bubuk, susu bubuk, margarin dan air esnya kemudian aduk-aduk semua bahan sampai benar-benar rata.
● Bagi adonan diatas menjadi 2 bagian dan masing-masing bagian dicampur dengan parutan keju dan bagian lainnya dengan coklat bubuk.
● Aduk-aduk masing-masing isian tadi sampai benar-benar rata kemudian bulatlan untuk isian bakpia pathok lembut khas Jogja nya.
● Setelah 15 menit, tiriskan adonan kulit lumpia yang tadi sudah direndam kemudian pipihkan dengan roll pin.
● Ambil isian yang diinginkan dan letakkan diatas kulit bakpia pathok nya.
● Bulatkan adonan dan diplintir atau dipuintir lalu dibuang bagian bawah yang ketebalan. Ulangi sampai habis. Harus kencang saat membungkus isinya supaya adonan isinya tidak kelur dan meluber pas matang.
● Siapkan oven dan panggang dengan oven suhu tengah atau kurang lebih sebesar 170 derajat sampai 180 derajat celcius saja sampai semua matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang kemudian angkat.
● Setelah matang dan diangkat segera masukkan resep kue bakpia pathok isi kumbu kacang hijau, coklat dan keju diatas kedalam toples saat masih panas. Hal ini supaya kulit resep bakpia tadi menjadi lembut dan tidak terlalu renyah sehingga pecah saat dipegang nantinya. Walaupun membutuhkan waktu yang sedikit lama, tetapi cara membuat bakpia pathok khas Jogja diatas tidak terlalu sulit bukan. Selain untuk dinikmati sendiri, resep diatas bisa juga untuk jualan kue dengan harga bakpia yang cukup murah lho. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel