6 Manfaat buah karsen untuk kesehatan


Manfaat dari buah yang sering kita sepelekan yang ada di sekitar pekarangan rumah kita sungguh menabjukan di liat dari ilmu kedokteran antara lain

1. Membantu susah tidur agar lebih nyenyak

Penelitian yang dilakukan pada University of Pennsylvania dan University of Rochester mengamati kebiasaan tidur 15 orang dewasa yang minum 8 ons jus buah kersen tart di pagi dan sore hari selama dua minggu versus minum 8 ons jus tanpa buah kersen selama dua minggu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada penurunan yang signifikan dalam insomnia selama minggu-minggu peserta minum jus buah kersen.

2. Meningkatkan memori daya ingat

Buah kersen adalah sumber antosianin yang baik, yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience  dari Pusat Penelitian Nutrisi Manusia tentang Penuaan di Universitas Tufts di Boston, Mass menyebutkan bahwa antosianin buah yang lezat membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi motorik

3. Mengurangi radang sendi

Dalam peneilitian yang dilakukan di Boston University (BU), hubungan antara asupan buah kersen dan risiko serangan arthritis (radang sendi) berulang antara 633 individu penderita radang sendi tersebut diamati selama satu tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan buah kersen selama dua hari dikaitkan dengan risiko serangan arthritis (radang sendi) 35% lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke

Buah kersen memberikan manfaat kesehatan kardiovaskular yang sama seperti obat yang diresepkan digunakan untuk membantu mengatur lemak dan glukosa pada pasien dengan sindrom metabolik.

Laboratorium Penelitian Kardioproteksi Universitas Michigan menunjukkan bahwa buah kersen asam dapat mengurangi risiko stroke bahkan ketika dikonsumsi dengan obat yang diresepkan.

Hasil penelitian menunujukkan kombinasi buah kersen dan pioglitazone, obat untuk mengobati penyakit stroke, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi mereka dan menurunkannya tekanan darah.

5. Membantu menurunkan risiko kanker usus besar

Menurut American Institute for Cancer Research (AICR), serat makanan dalam buah kersen membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

Konsumsi serat makanan membantu orang dengan berat badan yang berlebihan yang merupakan faktor risiko kanker yang dapat meningkatkan risiko tujuh kanker.

Kandungan anthocyanin dan sianida asam dalam buah kersen dapat mengurangi risiko kanker usus besar.


6. Membantu menurunkan kadar gula darah

Buah kersen mengandung antioksidan anthocyanin, pewarna alami yang menyediakan pigmen dalam buah-buahan dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

"Dalam studi laboratorium awal yang menggunakan sel-sel pankreas hewan, anthocyanin meningkatkan produksi insulin hingga 50%," kata seorang ahli kimia produk alami di Michigan State University di East Lansing dan pemimpin penelitian, Muralee Nair, Ph.D.

Senyawa warna-warni belum diuji pada manusia, dan para peneliti menyarankan untuk membatasi manisan buah kersen karena mengandung gula ekstra dan lebih sedikit pigmen buah kersen bermanfaat.

0 Response to "6 Manfaat buah karsen untuk kesehatan"

Post a Comment

Komentar Bijak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel